Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkan Jerawat dr Bahan Alami Apa penyebab jerawat muncul di wajah dan bagaimana cara menghilangkan j...

Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkan Jerawat dr Bahan Alami

Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkan Jerawat dr Bahan Alami

Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkan Jerawat dr Bahan Alami

8 10 99
Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkan Jerawat dr Bahan Alami

Apa penyebab jerawat muncul di wajah dan bagaimana cara menghilangkan jerawat, simak baik-baik informasi berikut mengenai Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkan Jerawat dr Bahan Alami, semoga informasi ini bisa bisa bermanfaat dan berguna.

Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkan Jerawat dr Bahan Alami

Jerawat

Mungkin keluhan jerawat adalah salah satu keluhan yg sangt sering dirasakan di oleh semua orang pria ataupun wanita terutama ketika mulai memasuki masa pubertas. Jerawat umumnya muncul pada wajah sehingga banyak yang mengalami jerawat merasa risih dan tidak pede ketika jerawat itu muncul.

Sebenarnya jerawat tidak hanya muncul di wajah, jerawat bisa muncul dimana saja di bagian tubuh hanya saja bagian tubuh yang sering mengalami munculnya jerawat ialah wajah jika dibadingkan dengan bagian tubuh lainnya.

Jerawat adalah gangguan pada kulit yang ditandai dengan adanya benjolan kecil berwarna kemerahan dan meradang serta berisi cairan seperti nanah yang bisa timbul dibagian kulit mana saja namuan bagian wajah lebih sering menimbulkan jerawat.

Penyebab Jerawat

Penyebab jerawat bisa disebabkan karena berbagai faktor, pada dasarnya yang menjadi penyebab timbulnya jerawat disebabkan oleh 4 faktor, yaitu :
  • Produksi minyak / sebum berlebihan di kulit
  • Penumpukan sel kulit mati
  • Pori-pori kulit tersumbat
  • Infeksi bakteri oleh bakteri P. Acne


Selain ke 4 faktor tersebut ada beberapa hal yg dapat memicu timbulnya jerawat, seperti :
  • Faktor Keturunan
  • Faktor hormonal
  • Stres psikis
  • Penggunaan kosmetik tertentu
  • Merokok
  • dan sebagainya


Jerawat muncul karena ada peradangan pada kulit yang disebabkan oleh sebum / minyak berlebih pada kulit lalu bercampur dengan kotoran dan sel-sel kulit mati kemudian terinfeksi bakteri ( yaitu bakteri P. Acne ) sehingga pori-pori kulit tersumbat dan munculah jerawat.

Jenis Jerawat

Terdapat beberpa jenis jerawat, menurut istilah masyarakat Indonesia ada beberapa jenis jerwat yang umumnya sering muncul, antara lain seperti :
  • Jerawat biasa, yaitu jerawat yang biasanya akan hilang cepat dengan sendirinya tanpa diobati apapun, bentuknya biasanya kecil dan muncul hanya satu nodul.
  • Jerawat batu, yaitu jerawat bentuknya besar-besar dan biasanya jerawat ini sukar untuk hilang meskipun sudah diobati.
  • Jerawat pasir atau komedo, yaitu jerawat yang bentuknya kecil-kecil dan berkoloni atau banyak seperti pasir yang menempel pada kulit.
  • Dan ada beberapa istilah jenis jerawat lainnya.


Jerawat menjadi keluhan umum yang sering dirasakan dan tidak begitu menjadi masalah besar karena jerawat bisa hilang dengan sendirinya walaupun tanpa dilakukan pengobatan apapun. Tetapi ada kalanya jerawat ini sukar hilang dan membandel bahkan ada kalanya justru jerawat itu malah bertambah banyak, saat jerawat membandel tak kunjung hilang itu biasanya jerawat menjadi hal yang sering bagi penderitanya.

Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkan Jerawat dr Bahan Alami

Jangan terlalu risau jika memiliki jerawat ada berbagai banyak cara menghilangkan jerawat yang mudah, murah dan efektif. Cara menghilangkan jerawat yang mudah ialah dengan melakukannya sendiri di rumah dengan bantuan berbagai bahan alami yang dijadikan terapi obat jerawat.

Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkan Jerawat dr Bahan Alami

Jika tidak ingin repot, bisa juga dengan mendatangai ke klinik kecantikan, cara menghilangkan jerawat dengan mendatangi klinik kecantikan tentu bukanlah satu-satunya cara untuk menghilangkan jerawat karena tentunya memerlukan biaya yg cukup besar.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan jerwat menggunakan bahan-bahan alami yang mudahj didapatkan, seperti :

Cuka Apel
Cara menghilangkan jerawat gengan cuka apel bisa menjadi solusi pertama, Cuka apel mengandung asam sitrat (AHA), kandungan ini yang dipercaya dapat menghilangkan jerawat secara alami. Cara nya, siapkan cuka apel dan air dgn perbandingan satu banding tiga atau empat lalu campurkan menjadi satu. Itulah yg menjadi ramuan obat jerawat, cukup oleskan campuran itu pada jerawat dan akukan 3 x sehari untuk hasil optimal.

Kulit Jeruk menjadi ramuan obat jerawat alami
Kulit jeruk mampu membersihkan pori–pori kulit yang tersumbat debu dan kotoran serta mengangkat sel kulit mati yg menyebabkan jerawat karena mengandung Vitamin C dan asam alpha hidroksida, oleh karena itu kulit jeruk bisa diramu dibuatkan menjadi obat jerawat alami. Cara menghilangkan jerawat dg kulit jeruk,cukup siapkan kulit jeruk secukupnya lalu keringkan dan haluskan menjadi bubuk.

Setelah itu buat menjadi pasta dengan menambah air secukupnya dan jadilah ramuan obat jerawat alami dari kulit jeruk.  Penggunaanya cukup oleskan ramuan obat jerawat itu pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama beberapa menit lalu bersihkan dengan air bersih.

Sari Lemon
Menggunakan sari lemon bisa menjadi solusi cara menghilangkan jerawat selanjutnya, Sari lemon mengandung asam sitrat (AHA) serta mengandung L-ascorbic acid, astringent dan antioksidan alami, beberapa kandungan itulah yang mampu menghilangkan jerawat dengan cepat. Cara nya, sediakan buah lemon segar Peras lemon dan taruh airnya pada wadah, oleskan air lemon pada wajah yang berjerawat menggunakan kapas, lakukan secara rutin saat malam menjelang tidur.

Baking Soda
Baking soda bisa dijadikan menjadi obat jerwat yang alami karena memiliki kandungan yang dapat menetralkan keasaman kulit, membunuh bakteri, mengikis sel kulit mati dan membersihkan pori – pori yang tersumbat serta menyerap minyak berlebih. Caranya buat pasta dari backing soda dengan mencampurkannya sedikit air, lalu oleskan pada area kulit wajah yang berjerawat. Biarkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Catatan : jika ada iritasi kulit seperti kemerahan / panas segera hentikan, jika tidak ada iritasi pada kulit maka pemakaian bisa dilanjutkan.

Pasta gigi
salah satu cara menghilangkan jerawat yang paling mudah ialah dengan menggunakan pasta gigi karena pasti disetiap rumah memiliki pasta gigi. Pasta gigi dapat mencegah iritasi kulit, mengeringkan jerawat dan mengurangi peradangan pada wajah karena mengandung fluoride, triclosan, hidrogen peroksida. Cara menggunakan pasta gigi sebagai obat jerawat juga sangat mudah cukup mengoleskan pasta gigi pada jerawat biarkan kurang lebih 2 jam atau semalaman setelah itu dibersihkan. Catatn : jika ada iritasi kulit seperti kemerahan / panas segera hentikan, jika tidak ada iritasi pada kulit maka pemakaian bisa dilanjutkan.

Putih Telur
Cara menghilangkan jerawat selanjutnya ialah dengan menggunakan putih telur, protein dan vitamin pada putih telur membantu mengencangkan dan mengurangi kadar minyak di kulit wajah sehingga dapat membersihkan pori-pori kulit dan mengurangi inflamasi dan sangat baik sekali untuk menghilangkan jerawat Anda. Cara nya, ambil putih terlurnya saja dan oleskan pada jerawat lalu biarkan 10 menit setelah itu bilas menggunakan air bersih.

Menggunakan Es
Cara menghilangkan jerawat terakhir ialah dengan menggunakan terapi dingin dari es. Es bisa membantu mengurangi peradangan pada jerawat, menyempitkan pembuluh darah dan meredakan kemerehan dan bengkak. Cara menghilangkan jerawat dengan es menjadi solusi yang paling mudah dan juga cukup efektif.

Cara nya, cukup dengan menempelkan es pada jerawat lalu tahan selama beberapa menit sampai tak bisa menahan rasa dinginnya. Ulangi lagi terus proses tersebut selama berkali-kali sekitar 10-20 kali. Jangan lupa lakukan cara ini dengan rutin hingga jerawat benar-benar hilang.

Demikian sekilas informasi mengenai penyabab jerawat dan cara menghilangkan jerawat dr bahan alami yang tentunya mudah dan murah. Semoga informasi tersebut berguna dan bermanfat. Mohon maaf atas berbagai kesalahan baik yang tampak jelas ataupu yang tidka tampak jelas. Terima kasih atas kunjungannya.

Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkan Jerawat dr Bahan Alami

0 comments: