Buah lemon adalah salah satu buah jeruk yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Buah lemon ini dari genus keluarga Rutaceae,...

Khasiat Buah Lemon Bagi Kesehatan

Khasiat Buah Lemon Bagi Kesehatan

Khasiat Buah Lemon Bagi Kesehatan

8 10 99
Buah lemon adalah salah satu buah jeruk yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Buah lemon ini dari genus keluarga Rutaceae, Citrus (yang juga termasuk jeruk, jeruk Bali, jeruk, dan jeruk). Nama ilmiah: Citrus limon.


Lemon ini yang terkecil di antara buah lemon, namun, memegang peranan lebih besar dalam manfaat kesehatan dan nutrisi dari buah lemon lainnya seperti jeruk, yuzu, pomelo (Citrus maxima), dll Lemon yang diduga berasal di kaki bukit Himalaya Utara-Timur India, dan mereka tersebar di seluruh Timur Tengah, Eropa, Afrika, dan sejauh Americas.


Demikian juga pada tanaman jeruk lainnya, lemon berbuah kecil, tumbuh hingga 10-12 kaki di perkebunan yang membudidayakannya. Mereka berkembang dengan baik di lingkungan beriklim sedang dan tropis, sedangkan, kondisi dingin akan mempengaruhi pertumbuhan menjadi buruk. Batang dan cabang dipenuhi dengan duri tajam. Tanaman yang sudah dewasa beraroma khas yang harum dengan bunga buah berwarna putih.

Buah Lemon mengandung banyak kelenjar minyak atsiri

Buah dari kelompok jeruk digambarkan sebagai "hesperidium," (hesperidium adalah istilah ilmiah untuk menggambarkan struktur buah milik kelompok jeruk. Buah Lemon mengandung banyak kelenjar minyak atsiri.


Juga sering disebut sebagai minyak esteris (minyak esensial) merupakan salah satu sisa metabolisme yang disintesa dalam sel kelenjar (glandular cell) jaringan tanaman. Minyak atsiri dapat dihasilkan dari tanaman yaitu dari bagian seperti daun, buah atau kulit buah, akar atau rhizome, batang atau kulit batang, dan bunga.


Interior daging terdiri dari segmen, yang disebut karpel, terdiri dari banyak vesikel jus penuh yang benar-benar khusus sel-sel rambut). Lemon kuning sampai hijau, berukuran sekitar 5-8 cm, dan berat sekitar 50- 80 g berat.


Khasiat Buah Lemon

Khasiat buah lemonsangat banyak, terutama bagi kesehatan tubuh manusia karena mengandung banyak anti oksidan yang baik bagi tubuh. Dan berikut berbagai khasiat buah lemon :
  • Lemon dengan manfaat kesehatan dan banyak nutrisi. Buah ini sedikit kalori, hanya terdapat 29 kalori per 100 g, nilai menjadi salah satu yang terendah untuk kelompok buah jeruk.
  • Mereka mengandung nol lemak jenuh atau kolesterol, tetapi sumber yang baik serat makanan (7,36% dari RDA). Lemon adalah salah satu buah glikemik yang sangat rendah.
  • rasa asam lemon adalah karena asam sitrat. Asam sitrat merupakan hingga 8% dalam jus nya. Asam sitrat merupakan pengawet alami, membantu dalam pencernaan halus, dan membantu melarutkan batu ginjal.
  • Lemon, seperti buah-buahan jeruk lainnya, merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C (asam askorbat); menyediakan sekitar 88% dari asupan harian yang direkomendasikan. Asam askorbat merupakan air yang kuat larut alami anti-oksidan. Vitamin ini membantu dalam mencegah penyakit kudis. Selain itu, konsumsi makanan kaya vitamin C-membantu tubuh manusia mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan mengais berbahaya, radikal bebas pro-inflamasi dari darah.
  • Lemon, seperti jeruk, mengandung berbagai phytochemical. Hesperetin, naringin, dan naringenin flavonoid glikosida yang banyak ditemukan dalam buah jeruk. Naringenin yang ditemukan memiliki bio-aktif efek pada kesehatan manusia sebagai antioksidan, scavenger radikal bebas, anti-inflamasi, dan sistem modulator imun. Zat ini juga telah terbukti mengurangi cedera oksidan untuk DNA dalam sel in-vitro studi.
  • Selain itu, mereka juga mengandung vitamin A, dan flavonoid anti-oksidan lain seperti alpha, dan ß-karoten, ß-cryptoxanthin, zea-xanthin dan lutein. Senyawa ini diketahui memiliki sifat antioksidan. Vitamin A juga diperlukan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit dan juga penting untuk penglihatan. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan flavonoid membantu tubuh untuk melindungi dari paru-paru dan kanker rongga mulut.
  • Total nilai ORAC, yang mengukur kekuatan anti-oksidan dari 100 g jus lemon segar adalah 1.225 umol TE (Trolex setara).
  • Buah ini juga merupakan sumber vitamin B kompleks seperti asam pantotenat, piridoksin, dan folat.
  • Selanjutnya, mereka membawa sejumlah mineral seperti besi, tembaga, kalium, dan kalsium. Kalium dalam sebuah komponen penting dari sel dan cairan tubuh membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. 

    Buah Lemon telah lama diketahui buah yang bergizi dan antioksidan. Hal ini secara ilmiah memiliki fakta bahwa keluarga buah jeruk, terutama lemon dan jeruk, berdasarkan kekayaan mereka dalam vitamin dan mineral, memiliki banyak manfaat kesehatan terbukti.


    Selain itu, kini mulai dihargai bahwa biologis aktif, senyawa non-gizi lain yang ditemukan dalam buah jeruk seperti antioksidan phyto-kimia, dan larut serta tidak larut serat makanan membantu dalam pengurangan risiko kanker, banyak kronis penyakit seperti arthritis, dan dari obesitas dan penyakit jantung koroner.

    0 comments: