Penyebab Denyut Jantung Berdebar Kencang serta Pengobatannya Berikut ini informasi mengenai Penyebab Denyut Jantung Berdebar Kencang se...

Penyebab Denyut Jantung Berdebar Kencang serta Pengobatannya

Penyebab Denyut Jantung Berdebar Kencang serta Pengobatannya

Penyebab Denyut Jantung Berdebar Kencang serta Pengobatannya

8 10 99
Penyebab Denyut Jantung Berdebar Kencang serta Pengobatannya

Berikut ini informasi mengenai Penyebab Denyut Jantung Berdebar Kencang serta Pengobatannya, semoga bisa bermanfaat dan menambah informasi.

Jantung merupakan organ yagn fungsinya sangat vital. Bagaimana tidak, selama periode kehidupan manusia, jantung memompa sekitar 1,5 juta galon darah. Oleh karena tugasnya berat, jika tidak dijaga kesehatannya, maka jantung rentan mengalami penyakit / masalah pada jantung. Ada banyak gangguan pada jantung dengan gejala berbeda, salah satu gejala yang sering dirasakan ialah denyut jantung berdebar-debar kencang serta tidak beraturan.

Mungkin sebagian orang yang baru mengalami masalah ini tentu sangat was-was dan khawatir karena takut mengidap penyakit jantung. Penyakit jantung menjadi penyakit yagn sangat mengerikan untuk semua orang. Dari sebuah data penelitian terbukti bahwa penyakit jantung menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia. Bahkan ada banyak korban meninggal karena penyakit jantung yang tidak disertai gejala awalnya.

Sekitar 35 persen kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit jantung. Menurut Federasi Jantung Dunia, angka kematian akibat penyakit jantung koroner di Asia Tenggara mencapai 1,8 juta kasus pada tahun 2014.

Memang sangat penting sekali untuk Anda khawatirkan jika dirasa jantung ini sepertinya sedikit bermasalah dengan denyut jantung yang berdebar kencang, karena betapa tidak penyakit jantung adalah penyakit yg banyak angka kematiannya dan sangat berbahaya.

Penyebab Denyut Jantung Berdebar Kencang serta Pengobatannya


Penyebab Denyut Jantung Berdebar Kencang

Sebenarnya ada beberapa penyebab jantung berdebar kencang dan tidak semua berarti penyakit jantung, namun sangat perlu sekalu untuk Anda khawatirkan jika merasa ada gejala aneh dengan jantung Anda, seperti jantung berdebar kencang

Berdasarkan studi UCLA 2014, orang yang dibawa ke ruang UGD karena jantung berdebar, hanya 34 persennya terdiagnosis memiliki penyakit jantung.

Bahkan, studi terbaru menunjukkan, bahwa meminum beberapa cangkir kopi, atau minuman berenergi sehari juga dapat menyebabkan jantung berdebar. Sebagai stimulan, kafein di dalamnya membuat jantung bedebar / berdetak kencang.

Praktisi kesehatan dari University of Montana Michael Fenster mengungkapkan, faktor genetik atau jantung bawaan juga memainkan peran penting seberapa sering jantung berdebar kencang. 

Bagi kaum wanita, jantung berdebar lebih disebabkan karena stres, gelisah, takut, olahraga intens, penggunaan obat-obatan tertentu, masalah tiroid, perubahan hormon akibat siklus menstruasi, kehamilan, atau menopause.

Akan tetapi disetiap penyakit jantung, gejala jantung berdebar kencang selalu ada, maksudnya setiap orang yang mengalami penyakit jantung selalu mengalami denyut jantung berdebar kencang bahkan berdebar dengan tidak beraturan.

Berikut jenis-jenis penyakit jantung yang sering menimbulkan gejala jantung berdebar kencang, antara lain :

Penyebab jantung berdebar kencang akibat penyakit Aritmia
Aritmia adalah sebuah penyakit yagn sering ditandai dengan kondisi denyut jantung tidak normal atau jantung berdebar secara tidak beraturan. Kondisi ini bisa menyebabkan denyut jantung menjadi lebih lambat (bradikardia), denyut jantung menjadi lebih cepat (takikardia) atau denyut jantung sama sekali tidak teratur. Penyakit ini biasanya diawali dengan masalah impuls listrik yg tidak bisa diterima oleh jantung dengan baik.

Menurut Spesialis Penyakit Jantung, dr Antono Surandar dari RS Siloam Kebon Jeruk, aritmia adalah irama jantung yang berdetak / berdebar tidak normal atau umumnya menyebabkan jantung berdenyut lebih cepat atau lambat.

Gejala aritmia :
  • Jantung berdebar lebih cepat atau lebih lambat
  • Rasa sakit dan nyeri pada dada
  • Sakit kepala hingga pingsan
  • Sulit bernafas.


Penyebab jantung berdebar kencang akibat Penyakit Otot Jantung (Kardiomiopati)
Kardiomiopati adalah sebuah kondisi penyakit jantung yg menyebabkan jantung menjadi lebih besar atau penebalan pada bagian dinding jantung. Kelainan ini bisa menyebabkan jantung tidak bisa memompa darah ke semua bagian tubuh dan efek terberatnya adalah penyakit gagal jantung.

Gejala kardiomiopati :
  • Nafas menjadi lebih berat dan bahkan saat tubuh tidak melakukan aktivitas berat
  • Bengkak pada bagian kaki dan tangan
  • Perut menjadi kembung akibat penumpukan jumlah cairan
  • Sering batuk
  • Tubuh sangat lelah
  • Jantung berdebar tidak teratur
  • Pusing dan pingsan
  • Sering sakit kepala


Penyebab jantung berdebar kencang akibat Angina atau angin duduk
Angina adalah sakit dada yang timbul karena berkurangnya suplai darah ke otot jantung akibat penyempitan pembuluh darah. Seseorang yg menderita angina berisiko lebih tinggi untuk mengalami serangan jantung dibandingkan mereka yagn tidak menderita angina.

Gejala angina :
  • Sesak napas
  • Jantung berdebar sangat cepat
  • Mual
  • Lelah
  • Pusing
  • Gelisah saat angina menyerang.


Penyebab jantung berdebar kencang akibat Serangan Jantung
Serangan jantung adalah sebuah kondisi penyakit yang disebabkan karena ada bagian dari otot jantung yang mengalami kematian atau kerusakan sehingga aliran darah pada jantung tidak bisa terjadi atau tersumbat. Penyumbatan atau kegagalan fungsi dalam waktu singkat ini bisa menyebabkan tubuh tidak bisa menerima oksigen dan darah atau nutrisi sesuai kebutuhan. Serangan jantung sering terjadi dalam waktu sangat singkat dan efek berat sehingga membutuhkan perawatan bersifat darurat.

Gejala serangan jantung :
  • Rasa sakit pada dada yang timbul selama beberapa menit atau lebih dari itu.
  • Pingsan atau kehilangan kesadaran
  • Mual dan muntah
  • Rasa sakit dari bagian dada ke bahu, leher hingga lengan
  • Keringat berlebihan
  • Jntung berdebar sangat cepat
  • Tubuh sangat lemah.


Penyebab jantung berdebar kencang akibat Penyakit Gagal Jantung
Penyakit gagal jantung terjadi dengan awal berupa gerakan spontan jantung yg tidak bisa memompa darah sehingga menyebabkan kebutuhan oksigen untuk darah secara otomatis akan terhenti. Beberapa kondisi lain bisa memicu gagal jantung adalah seperti penyempitan arteri, penyakit tekanan darah tinggi dan kurangnya kemampuan jantung dalam memompa darah.

Gejala gagal jantung :
  • Sulit untuk bernafas secara tiba-tiba.
  • Badan terasa lemah dan sangat lelah
  • Kaki dan tangan bengkak
  • Jntung berdebar lebih cepat dan tidak teratur.
  • Batuk dalam waktu yang sering
  • Nyeri pada dada


Itulah beberapa penyakit jantung yang sering menimbulkan gejala jantung berdebar kencang, selain disebabkan karena penyakit jantung, ada beberapa penyebab lainnya yang sering juga menimbulkan jantung berdebar kencang, antara lain :

Mengkonsumsi kafein
Hal ini dikarenakan kandungan kafein dapat menstimulasi sistem saraf otonom yg merupakan sistem saraf involunter yang mana akan mengontrol detak jantung kita sehingga terasa lebih cepat. Coba perhatikan sebelum dan sesudah mengkonsumsi minuman berkafein, bila sebelumnya jantung berdebar normal dan tiba-tiba anda deg degan maka bisa jadi itu karena kandungan kafein.

Anemia
Bila anda mendereita anemia berarti tubuh tidak dapat menghasilkan atau membuat sel darah merah sehat untuk membawa nutrisi dan oksigen ke jaringan tubuh kita. Meskipun tidak selalu mengeluhkan jantung berdebar-debar, hanya saja di beberapa kasus penderita anemia terutama anemia kronis, selalu mengeluhkan jantung berdebar lebih kencang. Hal ini dikarenakan sel darah merah yang dihasilkan tubuh kita sedikit maka jantung berdetak cepat sebagai usaha untuk meningkatkan hantaran oksigen ke jaringan tubuh. 

Obat-obatan 
Selain dekongestan terdapat pula beberapa jenis obat-obatan lain dapat menimbulkan jantung berdebar seperti obat asma dan obat tiroid.

Dehidrasi 
Pada saat tubuh mengalami kehilangan banyak cairan atau kurang minum maka kita akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi berat bahkan dapat menyebabkan bibir kering, sariawan, urin pekat dan berwarna gelap, keram otot dan bahkan deg-degan (jantung berdebar). Deg-degan karena dehidrasi disebabkan oleh adanya perubahan elektrolit tubuh dan juga adanya penurunan tekanan darah. Hal tersebut yang menimbulkan stress pada tubuh, hasilnya akan menimbulkan detak jantung tidak normal pada tubuh / jantung berdebar-debar. Untuk mencegahya selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh minimal 2 L/hari agar tubuh dapat berfungsi dengan normal.

Itulah beberapa penyebab jantung berdebar kencang selain disebabkan kerna penyakit jantung, akan tetapi masalah jantung berdebar kencang biasanya hanya terjadi sesaat, jika Anda sering mangalami jantung berdebar kencang perlu Anda khawatirkan karena bisa jadi itu tanda penyakit jantung.

Menurut Spesialis Penyakit Jantung, dr Antono Surandar dari RS Siloam Kebon Jeruk, menjelaskan kelainan irama jantung dapat menyebabkan pasien kehilangan kesadaran sementara. Bahkan, apabila jantung mengalami masalah kelistrikan (korslet) di bagian kamar bawah dinding jantung, kehilangan kesadaran pasien bisa permanen atau bahkan menyebabkan kematian mendadak.

Seorang kardiolog Robert Applebaum MD, dari NYU School of Medicine mengemukakan detak jantung tidak teratur terlalu sering, dapat menyebabkan seseorang berisiko terkena stroke. Hal ini karena, ketika jantung tidak memproduksi kontraksi regular dan cukup kuat, maka darah akan menumpuk di bilik jantung, menyebabkan penyumbatan. Penyumbatan ini dapat terpompa ke otak, di mana akan menghalangi aliran darah, dan secara potensial menyebabkan stroke.

Maka dari itu masalah detak jantung berdebar kencang dan tidak beraturan harus mendapatkan perhatian, apa lagi jika sering mangalaminya, karena bisa jadi itu merupakan tanda dari penyakit jantung bahkan jika masalah jantung berdebar kencang terus berlangsung lama bukan penyakit jantung saja yang akan terjadi tetapi juga bisa berdampak penyakit lainnya yaitu stroke seperti yg dikatakan oleh seorang kardiolog Robert Applebaum MD tadi.

Pengobatan Denyut Jantung Berdebar Kencang

Berikut ini beberapa tanaman atau buah-buahan alami yang dapat mengatasi jantung berdebar-debar kencang, antara lain :

Kayu manis
Kayu manis merupakan rempah-rempah sangat baik untuk menghilangkan kolesterol dalam tubuh. Nutrisi dalam kayu manis sangat baik untuk memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Nutrsi dalam kayu manis sangat dibutuhkan oleh jantung. Kayu manis juga dapat  menenangkan jantung dan mengatasi jantung berdebar kencang.

Jus anggur
Minumlah jus anggur setiap hari agar jantung anda sehat. Nutrisi pada buah anggur sangat baik untuk kesehatan jantung, bahkan dengan minum jus anggur anda dapat mengatasi masalah jantung berdebar kencang.

Jambu biji
Jambu biji merupakan salah satu buah yg menyehatkan jantung. Nutrisi pada buah jambu biji dapat menormalkan detak jantung tidak teratur, mengatasi kecemasan, dan membuat pikiran menjadi rileks, oleh sebab itu dianjurkan bagi anda untuk mengkonsumsi jampu biji ketika jantung berdebar kencang.

Madu
Madu merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Madu sudah digunakan untuk kesehatan dan kecantikan ribuan tahun lalu. Oleh sebab itu tak perlu diragukan lagi akan khasiat dan manfaat madu. Dalam hal ini ternyata madu sangat efektif dalam mengatasi masalah jantung berdebar kencang. Peneliti menyebutkan dengan mengkonsumsi 1 sendok madu dengan dicampur 1 sendok lemon dapat menenangkan jantung yang berdebar kencang.

Itulah beberapa tanaman atau buah-buahan yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit jantung termasuk jantung berdebar-debar kencang ini. Namun selain dengan tanaman alami ada juga pengobatan yang berasal dari hewani tentunya alami juga karena bukan bahan kimiawi, seperti :

Minyak ikan
Minyak ikan kaya akan omega 3 dan nutrisi lainnya dikenal sangat baik untuk kesehatan jantung. Bahkan para peneliti mengungkapkan jika minyak ikan mampu mengatasi palpitasi ( jantung berdebar tidak beraturan ) dengan baik.

Teripang
Teripang adalah spesies hewan laut yang hidupnya di dasar laut, teripang sering juga disebut dengan gamat atau timun laut ( sea cucumber ). Ada banyak jenis teripang di seluruh lautan dunia namun jumlahnya berbeda-beda. Dari berbagai jenis spesies teripang di dunia, teripang emas adalah salah satu teripang unggulan dan terbaik, kandungannya sangat komplit dan berkhasiat tinggi.

Berikut kandungan pada teripang emas :
Penyebab Denyut Jantung Berdebar Kencang serta Pengobatannya
Gbr. Teripang Emas
  • Protein 86,8%
  • Kolagen 80,0%
  • Mukopolisakarida
  • Glucasaminoglycans (GAGs)
  • Chondroitin
  • Antiseptik alamiah
  • Saponin
  • Lektin
  • Omega-3, 6, dan 9
  • Asam Amino
  • Vitamin dan Mineral
  • Senyawa Aktif Gamapeptide

Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan Brasil terbitan bulan September 1996 di”Journal of Biological Chemistry” menemukan bahwa chondroitin sulfat dapat berfungsi sebagai  antikoagulan.

Antikoagulan adalah golongan obat yang dipakai untuk menghambat pembekuan darah, artinya chondroitin ini dapat mencegah pembekuan darah dan juga mengembalikan pembekuan darah menjadi normal kembali dengan begitu peredaran darah akan membaik dan membuat jantung lebih mudah dalam memompa darah keseluruh tubuh hingga pada akhirnya akan membuat irama detak jantung tetap stabil dengan kata lain akan mengatasi jantung berdebar-debar kencang.

Selain itu juga mengandung potein tinggi, protein ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh ( kekebalan tubuh ) jadi dengan mengkonsumsi teripang emas bukan hanya menyembuhkan jantung yang berdebar kencang tetpai juga akan membuat tubuh Anda lebih segar, bugar dan lebih sehat.

0 comments: