Penyebab Demam Rematik dan Jantung Rematik Serta Pengobatannya Informasi berikut akan membahas mengenai Penyebab Demam Rematik dan Jant...

Penyebab Demam Rematik dan Jantung Rematik Serta Pengobatannya

Penyebab Demam Rematik dan Jantung Rematik Serta Pengobatannya

Penyebab Demam Rematik dan Jantung Rematik Serta Pengobatannya

8 10 99
Penyebab Demam Rematik dan Jantung Rematik Serta Pengobatannya

Informasi berikut akan membahas mengenai Penyebab Demam Rematik dan Jantung Rematik Serta Pengobatannya, semoga bisa berguna dan menambah informasi Anda mengenai demam rematik dan jantung rematik.

Mari simak ulasan satu perasatu mulai dari demam rematik kemudian jantung rematik, untuk mengetahui apa definisinya, penyebab nya dan apa perbedaannya.

Demam adalah kondisi suhu tubuh lebih tinggi dari kondisi normal. Demam adalah gejala akibat oleh berbagai macam penyakit. Demam dapat terjadi pada siapa saja dan pada usia berapa saja.

Demam biasanya terjadi sebagai akibat dari adanya infeksi, seperti virus flu atau peradangan yg terjadi pada cedera jaringan atau penyakit. Namun banyak penyebab lain yang mungkin dapat menyebabkan demam, seperti obat-obatan, racun, kanker, paparan panas, cedera, kelainan pada otak, ataupun adanya penyakit dari endokrin (hormon atau kelenjar).

Demam juga bisa terjadi ketika respon kekebalan tubuh terpengaruh oleh pirogen. Pirogen biasanya datang dari sumber lain di luar tubuh, pada saat tertentu akan merangsang produksi pirogen tambahan dalam tubuh. Pirogen memerintahkan hipotalamus untuk meningkatkan suhu pada tubuh. Sebagai tanggapan, tubuh kita mulai menggigil, pembuluh darah mengerut (menyempit) dan kita akan mencari selimut dalam upaya untuk mencapai suhu lebih tinggi.

Tetapi bagi sebagian masyarakat mungkin demam ini adalah salah satu penyakit ringan dan tidak terlalu serius atau membahayakan, namun sebenarnya ada beberapa penyakit demam yang cukup serius dan bisa membahayakan dan tidak sedikit berujung pada kematian. Salah satu penyakit demam yang cukup serius dan membahayakan ialah penyakit demam rematik.

Penyebab Demam Rematik dan Jantung Rematik Serta Pengobatannya

Penyakit Demam Rematik

Demam Rematik adalah suatu penyakit peradangan serius akibat komplikasi infeksi tenggorokan atau radang tenggorokan atau infeksi bakteri group A Streptokokus ß- hemolitikus (group A ß- hemolityc Streptococcus/GABHS), bisa dikatakan penyebab demam rematik ini adalah infeksi bakteri group A Streptokokus yg berawal dari radang tenggorokan.

Demam rematik paling umum terjadi pada anak-anak kisaran usia 5-15 tahun. Penyakit demam rematik umumnya terjadi di daerah-daerah dengan sanitasi buruk, padat penduduk, dan terbatasnya akses ke sarana kesehatan.

Hati-hati jika Anda atau anak Anda mengalami sakit tenggorokan ringan lebih dari 2-3 hari, sakit tenggorokan parah tanpa disertai gejala pilek lain (seperti hidung meler, bersin, dan batuk) dengan disertai demam tinggi, sakit tenggorokan disertai pembengkakan kelenjar getah bening, ruam kemerahan pada dahi dan leher, sulit menelan makanan, keluarnya darah dari hidung (mimisan), atau lidah berwarna merah berbintik-bintik.

Gejala-gejala tersebut adalah gejala dari radang tenggorokan yang sebenarnya bisa diobati dengan obat biasa untuk radang tenggorokan seperti antibiotik, akan tetapi jika radang tenggorokan ini tidak ditangai atau tidak diobati dengan baik bisa berakibat demam rematik.

Dan berikut adalah gejala-gejala demam rematik :

  • Nyeri sendi, Artritis atau radang sendi. Nyeri sendi ini sering terasa pada lutut, siku, pergelangan tangan, tangan, dan kaki. Nyeri sendi dapat berpindah-pindah dari satu sendi ke sendi lain. Gejala artritis ini umumnya dapat hilang dalam waktu 1-1,5 bulan tanpa kerusakan permanen.
  • Demam
  • Dada terasa nyeri.
  • Kelelahan.
  • Muncul ruam yang tidak terasa sakit dengan tepian tidak teratur dan agak menebal/menimbul.

Gejala-gejala di atas dapat hilang dalam waktu sebulan, tapi bisa juga tetap terasa hingga beberapa bulan, seseorang yang sudah pernah mengalami penyakit demam rematik dapat mengalaminya kembali di masa akan datang. Jika kembali terulang, maka dampaknya dapat mempertinggi risiko terjadinya kerusakan jantung permanen yang diawali dengan jantung rematik.

Jantung yang sudah terkena dampak demam rematik akan sangat sulit untuk kembali pulih seperti semula. Kelelahan terus-menerus dan napas pendek-pendek itu diantara gejala penyakit rematik jantung.

Jadi demam rematik adalah penyakit seperti demam pada umumnya tetapi disertai dengan gejala-gejala lain seperti yang disebutkan tadi, demam rematik ini jika tidak diobati dengan baik bisa berakibat sering kambuh maksudnya setelah sembuh kembali demam lagi. Jika masalah ini terus berlangsung cepat atau lambat akan berkomplikasi atau berdampak pada penyakit jantung rematik penyakit yang lebih seirius dan membahayakan.

Penyebab Demam Rematik dan Jantung Rematik Serta Pengobatannya
Penyakit Jantung Rematik

Penyakit jantung rematik adalah komplikasi atau penyakit lanjutan dari penyakit demam rematik. Pusing, dada terasa sakit, kelelahan, dan napas pendek-pendek merupakan gejala utama penyakit rematik jantung. Meski demikian, gejala ini kemungkinan baru terasa bertahun-tahun setelah penyakit demam rematik reda.

Awalnya infeksi tenggorokan disebabkan oleh bakteri, tapi penyakit demam rematik dapat berkembang bukan karena bakteri saja, namun karena respons kekebalan tubuh. Saat tubuh mengalami infeksi streptokokal, sistem imun tubuh melindungi diri secara otomatis dengan cara menyerang bakteri kembali.

Tetapi terkadang sistem imun ini justru menyerang jaringan tubuh, seperti jantung dan sendi maka tidak heran jika penderita demam rematik sering mengalami nyeri sendi. Pada organ tubuh lain juga menyerang organ jantung yg menyebabkan katup jantung membengkak sehingga memicu timbulnya jaringan parut pada pintu katup (valve) serta kerusakan pada otot-otot jantung dan inilah yang menyebabkan jantung rematik.

Pada beberapa kasus, penyakit jantung rematik dapat memicu fibrilasi atrial yang menyebabkan jantung berdetak tidak normal dan bahkan meningkatkan risiko stroke. Lebih jauh lagi, dalam kasus lebih parah, jantung tidak dapat memompa darah yg cukup ke seluruh tubuh. Kondisi ini disebut gagal jantung dengan kata lain jika gagal jantung ini terjadi bisa berujung pada kematian.

Jadi jantung rematik adalah penyakit lanjutan dari penyakit demam rematik yang awalnya dari radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan juga sistem autoimun keliru menyerang organ tubuhnya sendiri, komplikasi dari jantung rematik ini bisa berakibat stroke, gagal jantung hingga resiko kematian mendadak atau pun tidak.

Ketua Tim Heart Center Omni Hospital Alam Sutera, Serpong, Banten Prof Dr dr H Idris Idham, SpJP (K) FIHA, FESC, FACC, FasCC, FSCAI mengungkapkan radang tenggorokan, sebuah penyakit biasa terjadi pada anak-anak, ternyata dapat berkembang menjadi demam rematik. Bahayanya, bila tak diobati, demam rematik menyebabkan kerusakan katup jantung atau disebut rematik jantung. Biang keladi semua ini adalah bakteri streptococcus hemoliticus. 

Lalu beliau melanjutkan penuturannya, Bakteri ini menyebabkan radang tenggorokan. Selanjutnya, bila tak ditangani dengan baik, bakteri terbawa dalam darah dan bersarang di katup jantung mitral dan menyebabkan gejala demam rematik. Setidaknya ada lima gejala demam rematik akibat radang tenggorokan yaitu, Nyeri persendian (artritis), Ruam kulit, Nyeri dada atau palpitasi (jantung berdebar) karena karditis, Kedutan di luar kesadaran (corea Sydenham), serta Benjolan kecil di bawah kulit (nodul). Bila kondisinya makin parah, kata dr Idris Idham, hal itu mengakibatkan katup jantung menebal, tidak bisa membuka dan menutup dengan baik sehingga akhirnya terjadi penyakit jantung rematik.

Menurut Profesor Xiao Mingdi Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital, menjelaskan Salah satu komplikasi paling ditakuti dari demam rematik adalah penyakit jantung rematik yang merujuk pada kerusakan katup jantung kronis biasanya terjadi setelah seseorang mengalami demam rematik akut. Demam rematik akut seringkali menyebabkan radang jantung (carditis) yang bisa mempengaruhi hampir semua bagian jantung termasuk bagian pericardial, otto jantung (miocarditis), endocardial dan bagian dalam jantung (endocarditis).

Maka dari itu jika Anda, saudara atau Anak Anda mengalami demam rematik alangkah baik segera melakukan pengobatan, karena masalah demam rematik bisa berakibat pada penyakit jantung rematik.

Apalagi jika sudah terkena penyakit jantung rematik jangan tunggu lama dan segera lakukan pengobatan karena penyakit ini berkaitan dengan jantung, jantung adalah organ yang sangat vital jika jantung ini bermasalah akan beraakibat pada penyakit berat hingga berujung kematian.

Penyebab Demam Rematik dan Jantung Rematik Serta Pengobatannya


Pengobatan Penyakit Demam Rematik dan juga Penyakit Jantung Rematik

Pengobatan untuk penyakit demam rematik biasanya cukup dengan pemberian antibiotik untuk menumpas bakteri streptococcus hemoliticus penyebab demam rematik yang berawal dari radang tenggorokan. Antibiotik ini ada dua jenis antibiotik alami dan antibiotik kimiawi. Pengobatan untuk penyakit jantung rematik pun sama, diawalinya harus menuntaskan bakteri streptococcus hemoliticus dulu yang kemudian mengembalikan kondisi organ jantung nya.

Berikut beberap ramuan obat dari tanaman atau buah-buahan yang dipercaya dapat menyembuhkan demam rematik dan juga jantung rematik, antara lain :
  • Ramuan obat 1# Daun Cincau. Bermanfaat untuk mengobatis sakit perut, hipertensi, menurunkan demam, mengendurkan otot, mengobati tumor ganas, mengobati kanker ginjal, mengobati vertigo, kolesterol, dan maag kronis
  • Ramuan Obat 2# Daun Jinten. Bermanfaat untuk menurunkan demam, asma, batuk, sakit kepala, rematik, ayan, perut kembung, memperbanyak asi, aphrodisiac, batuk, sariawan perut, dan sakit kepala.
  • Ramuan Obat 3# Daun Lidah Buaya. Bermanfaat untuk alkalisasi tubuh, sistem imun tubuh, mengeluarkan racun dalam tubuh, mengurangi berat badan, sumber asam amino, melawan peradangan, membantu system pencernaan, sumber vitamin dan mineral, membantu penderita diabetes, dan meningkatkan pertumbuhan rambut.
  • Ramuan Obat 4# Daun Saga Telik. Bermanfaat untuk mengobati jantung berdebar dan keringat dingin, mengobati tekanan darah tinggi, mengobati batuk kering, amandel, radang mata, sariawan, penyehat rambut, batuk berdahak pada anak, dan serak atau radang tenggorokan.
  • Ramuan Obat 5# Daun Sambiloto. Bermanfaat untuk mengobati tifoid, mengobati disentri basiler, mengobati diare, mengobati radang saluran pernapasan, radang paru, disentri, influenza, sakit kepala, demam, dan mengobati TB paru.
  • Ramuan Obat 6# Daun Encok. Bermanfaat untuk obat saluran kencing, infeksi saluran kencing, batu empedu, batu ginjal, kencing berdarah, radang prostat, influenza, demam, batuk rejan, radang saluran pernapasan, mimisan, batuk berdarah, cacingan, dan nyeri lambung.
  • Ramuan Obat 7# Daun Katuk. Bermanfaat untuk mencegah osteoporosis, melancarkan ASI ibu menyusui, mencegah penyakit mata, baik untuk kesehatan pria, pengangkut lemak, menyehatkan gusi, pemacu imunitas dan ketahanan tubuh.
  • Ramuan Obat 8# Daun Ciplukan. Bermanfaat untuk mengobati flu, radang tenggorokan, pertusis (batuk rejan), mengobati gondongan, obat untuk bisulan, mempercepat pengeringan borok, mengobati kencing manis, mengurangi penyakit paru-paru basah, mengurangi resiko terjadinya epilepsi, dan meredakan gangguan kelenjar getah bening.

Itulah beberapa ramuan obat berasal dari tanaman atau buah-buahan yang dipercaya dapat menyembuhkan demam rematik dan jantung rematik. Namun selain dengan tanaman alami ada juga pengobatan yang berasal dari hewani tentunya alami juga karena bukan bahan kimiawi. Teripang Emas salah satu herwan yang banyak memiliki kandungan yg sangat baik untuk kesehatan dan juga untuk berbagai pengobatan.


0 comments: