30 Jenis Penyakit Kulit Dan Penyebabnya Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang macam dan jenis penyakit kulit. Pada umumnya j...

30 Jenis Penyakit Kulit Dan Penyebabnya

30 Jenis Penyakit Kulit Dan Penyebabnya

Kemudian apa saja jenis penyakit kulit ? Berikut ini adalah jenis penyakit kulit dan gejalanya yang perlu anda waspadai

30 Jenis Penyakit Kulit Dan Penyebabnya

8 10 99
30 Jenis Penyakit Kulit Dan Penyebabnya
Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang macam dan jenis penyakit kulit. Pada umumnya jenis penyakit kulit sendiri begitu banyak mulai dari yang ringan hingga yang berat, pada umumnya penyakit kulit bisa diakibatkan oleh bakteri, alergi, jamur atau juga virus, yang bisa menyerang manusia.

Hal tersebut tergantung sistem kekebalan tubuh anda, jika sistem kekebalan tubuh seseorang lemah, maka orang tersebut dapat terserang penyakit kulit.

Bagi anda yang memiliki jenis penyakit kulit seperti bisul apalagi terletak dibagian yang sensitif. pasti membuat anda sangat menderita sekali, kenapa ? karena anda tidak dapat duduk secara bebas. 

Memang penyakit kulit seperti bisul bisa mengganggu kegiatan anda sehari­-hari, maka dari itu anda harus rajin menjaga kebersihan supaya anda terhindar dari penyakit kulit seperti bisul.

Kemudian apa saja jenis penyakit kulit ? Berikut ini adalah jenis penyakit kulit dan gejalanya yang perlu anda waspadai.

30 Jenis Penyakit Kulit Beserta Penyebabnya


1. Jenis penyakit kulit ­ Bisul

Penyakit kulit seperti bisul bisa diakibatkan oleh infeksi bakteri (staphylococcus aureus). Penyakit bisul memiliki ciri yang khas seperti adanya benjolan besar, kulit berwarna merah dan berisi nanah, bisul bisa muncul pada bagian yang lembab seperti pantat, ketiak, lipatan paha, leher dan kepala. 

Faktor penyebab penyakit kulit bisul pada umumnya adalah Kurang menjaga kebersihan diri, bahan kosmetik yang menyumbat pori-pori kulit, luka yang telah terinfeksi, dan pelemahan diabetes.

Untuk menghindari penyakit ini, anda bisa menjaga kebersihan anda secara rutin serta mengkonsumsi buah agar sistem kekebalan anda dapat terjaga.

2. Jenis penyakit kulit ­ Kurap

Penyakit kulit seperti kurap dapat diakibatkan karena jamur. Gejala penyakit kulit (kurap) pada umumnya terdapat lingkaran dan bercak putih, bersisik lembab, terasa gatal, berair dan kulit jadi tebal.

Penyakit kulit kurap dapat muncul pada bagian tekuk leher dan kulit kepala, faktor penyebab penyakit kulit kurap adalah kurang menjaga kebersihan, maka agar terhindar penyakit ini anda harus rajin menjaga kebersihan tubuh.

3. Jenis penyakit kulit ­ Kudis 

Penyakit kulit seperti kudis dapat diakibatkan oleh sarcoptes scanbie var hominis. Gejalanya penyakit kulit kudis seperti kulit terasa sangat gatal pada malam hari, biasanya kudis bisa timbul dibagian sela­sela tangan, jari kali, pinggang, dibawah ketiak dan lain sebagainya.

Penyakit kulit kudis merupakan penyakit yang mudah menular. Secara sengaja atau bisa juga tidak sengaja bila tersentuh pada bagian kudis, untuk menghindari penyakit kudis, anda bisa menjaga kebersihan diri dan lingkungan disekitar anda.

4. Jenis penyakit kulit – Jerawat

Pasti semua orang sudah pernah merasakan penyakit kulit yang satu ini yaitu jerawat. penyakit kulit jerawat merupakan penyakit yang sangat umum terjadi pada manusia, jerawat dapat diakibatkan oleh bakteri yang berkembang di pori­-pori kulit, sehingga dapat menyebabkan jerawat.

Selain timbul pada wajah, jerawat juga bisa timbul di bagian tubuh yang lain. Cara untuk mencegah penyakit kulit seperti jerawat, yaitu dengan cara rajin menjaga kebersihan diri dan selalu mencuci muka.

5. Jenis penyakit kulit – Herpes

Jenis penyakit kulit seperti herpes dapat diakibatkan oleh infeksi bakteri dan virus. 

Penyakit kulit herpes ada dua jenis, dikarenakan ada dua virus yang dapat menyebabkan herpes seperti virus herpes simpleks (HSV) dan virus varicella zoster.

6. Jenis penyakit kulit – Campak
Jenis penyakit kulit seperti campak dapat disebabkan oleh virus. Penyakit kulit campak pada umumnya sering menyerang pada anak-­anak, penyakit ini merupakan penyakit akut menular.

Gejala penyakit kulit campak contohnya seperti demam, pilek dan bersin, nafsu makan menjadi turun, badan terasa lesu, dan radang mata. Setelah beberapa hari kemudian akan timbul ruam merah yang gatal di beberapa bagian tubuh.

7. Jenis penyakit kulit – Cacar air 

Jenis penyakit kulit seperti cacar air diakibatkan oleh virus. Ketika penyakit kulit cacar air menyerang, tubuh akan mengalami demam, kemudian pada permukaan kulit muncul bintik-­bintik merah yang berisi air dan cepat menyebar.

Untuk anda yang menderita penyakit kulit cacar air, Jangan di garuk, karena setelah sembuh akan meninggalkan bekas.

Setelah beberapa hari kemudian, bintik-­bintik tersebut akan mengering secara perlahan­, disarankan untuk mengkonsumsi banyak vitamin seperti buah­-buahan dan istirahat yang cukup, agar mempercepat proses penyembuhan.

8. Jenis penyakit kulit – Ketombe 

Jenis penyakit kulit seperti ketombe mempunyai gejala seperti. Berminyak, kulit merah, bersisik, terasa gatal dan bau, penyebab ini diduga seboroid yang terjadi dikulit kepada atau sering disebut ketombe.

9. Jenis penyakit kulit – Panu 

Jenis penyakit kulit seperti panu dapat disebabkan oleh jamur. Penyakit kulit panu ditandai dengan bercak putih, jika berkeringat terasa gatal.

Bercak tersebut dapat berwarna putih, merah atau coklat tergantung warna kulit tersebut. Penyebab timbulnya penyakit kulit panu disebabkan kurangnya menjaga kebersihan.

untuk mengatasi panu tersebut dengan cara rajin membersihkan, diri dan harus segera diatasi karena panu cepat menyebar.

Anda dapat memanfaatkan daun sirih + kapur sirih yang dicampur kemudian oleskan pada bagian panu.
10. Jenis penyakit kulit – Sariawan

Jenis penyakit kulit seperti sariawan disebabkan karena adanya pembengkakan pada jaringan lunak. Penyakit kulit sariawan menimbulkan rasa sakit pada bagian mulut atau pada bibir, yang berbentuk luka terbuka dan terasa sakit. Penyakit sariawan umum terjadi pada setiap orang. 

11. Jenis penyakit kulit – Kutil 

Jenis penyakit kulit seperti kulit disebabkan oleh virus human papillmavirus. Penyakit kulit kutil dapat menular dan tidak baik untuk estetika.

12. Jenis penyakit kulit – impetigo

Jenis penyakit kulit seperti impetigo diakibatkan oleh dua bakteri staphylococcus pyogenes atau staphylococcus aureus. 

Untuk merawat penyakit ini tergantung jenis bakteri apa yang menyerang, penyakit ini termasuk penyakit yang menular, impetigo bisa muncul dibagian leher, wajah, atau juga di tangan.

Penyakit impetigo sering menyerang pada anak atau pada bayi yang baru lahir, penyakit kulit impetigo jarang terjadi pada orang dewasa. Tetapi penyakit kulit ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu dua hingga tiga minggu.

13. Jenis penyakit kulit – Eksim

Jenis penyakit kulit seperti eksim bisa ditandai gejala seperti gatal­-gatal pada kulit, kulit menjadi merah, kulit pecah­-pecah, bersisik, dan terdapat gelembung-gelembung kecil yang isinya air atau nanah. Bagian kulit yang sering terkena eksim adalah pada bagian kaki, tangan, telinga dan lipatan paha.

14. Jenis penyakit kulit – Psoriasis 

Jenis penyakit kulit seperti psoriasis ini adalah penyakit yang sulit untuk didiagnosa. Penyakit kulit psoriasis merupakan penyakit yang tidak menular, gejala penyakit kulit psoriasis muncul bercak merah dan diatas terdapat sisik putih yang tebal serta menempel berlapis. Jika anda garuk maka sisik putih tersebut akan rontok.

15. Jenis penyakit kulit – Melanoma

Jenis penyakit kulit seperti melanoma merupakan penyakit kanker kulit. Penyakit kulit melanoma adalah penyakit berbahaya, karena bisa menyebabkan kematian jika tidak segera mendapat pengobatan. 

Penyakit kulit melanoma merupakan penyakit kanker kulit yang bisa menyebabkan perubahan pada tahi lalat. Salah satu tanda timbulnya penyakit melanoma adalah tahi lalat yang membesar, terjadi perubahan warna tahi lalat, dan peradangan disekitar tahi lalat.

16. Jenis penyakit kulit – Seborrheic keratosis

Jenis penyakit kulit seperti seborrheic keratosis adalah jenis penyakit yang tidak berbahaya. Akan tetapi penyakit ini dapat membuat penderita menjadi minder atau malu.

Tetapi penyakit ini sering dibedakan antara penyakit seborrheic keratosis dengan melanoma. Melanoma merupakan penyakit kanker kulit yang berbahaya.

Jika kulit anda tiba-­tiba menjadi berubah segera konsultasi diri ke dokter kulit. Penyakit kulit seborrheic keratosis dapat muncul pada bagian perut, dada dan bahu.

Ciri­-cirinya kulit bengkak dan terasa kasar, kulit terasa tebal, berbentuk oval dan berwarna coklat, putih atau kunning.

Orang yang terkena penyakit kulit seborrheic keratois dikarenakan faktor genetic, sering terkena UV dan faktor usia.

17. Jenis penyakit kulit – Lepra

Jenis penyakit kulit seperti lepra dapat diakibatkan oleh bakteri mycobacterium. Gejala penyakit lepra ditandai dengan kulit terlihat mengkerut, dan jika telah akut bakterinya dapat mengkonsumsi daging atau kulit.

18. Jenis penyakit kulit – infeksi jamur

Jenis penyakit kulit seperti infeksi jamur diakibatkan oleh jamur. Jamur yang tumbuh pada permukaan kulit, yang bisa menyebabkan kerusakan kulit serta terasa gatal. Bila tidak segera ditangani akan cepat menyebar.

19. Jenis penyakit kulit – Keloid 

Jenis penyakit kulit seperti keloid yang bisa timbul disekitar luka. Untuk memperbaiki luka pada kulit, akan tetapi keloid tersebut berkembang tidak terkendali yang bisa meninggalkan daging seperti menonjol pada luka tersebut, bahkan bisa lebih besar daripada lukanya.

20. Jenis penyakit kulit – Lupus 

Jenis penyakit kulit seperti lupus disebabkan sistem kekebalan tubuh terganggu. Sehingga virus bisa masuk melalui kulit, penyakit lupus bisa menjadi masalah berlanjut jika tidak segera diatasi seperti ginjal, kulit, bahkan sistem syaraf.

21. Jenis penyakit kulit – Hemangioma 

Jenis penyakit kulit seperti hemangioma adalah pertumbuhan daging pada kulit namun bukan penyakit kanker.

Penyakit hemangioman diakibatkan organ dalam biasanya pada hati, penyakit ini tidak disebabkan dari faktor luar. Orang yang terkena penyakit kulit hemangioma kemungkinan sudah dari lahir.

22. Jenis penyakit kulit – Rosacea 

Jenis penyakit kulit seperti rosacea merupakan ganggun penyakit kronis. Penyebab belum diketahui secara pasti.

Ciri khasnya dari penyakit kulit rosacea adalah terdapat lingkaran kecil yang berwarna merah dan berisi nanah. Penyakit rosacea bisa timbul di hidung, pipi, dan kening.

23. Jenis penyakit kulit – Necrotizin Fascitis

Jenis penyakit kulit seperti necrotizing fascetis diakibatkan oleh bakteri streptococcus. Infeksi jaringan lunak yang bisa menghancurkan jaringan kulit, otot dan jarinan penghubung. 

Bakteri ini menyebar sangat cepat, infeksi ini bisa terjadi dari luka kecil. Jika anda terkena infeksi bakteri streptococcus segera konsultasikan diri pada kedokter kulit.

24. Jenis penyakit kulit – Cutaneous Candidiasis 

Jenis penyakit kulit seperti cutaneous candidiasis diakibatkan oleh bakteri. Penyakit ini tidak mengganggu kesehatan, kecuali jika terdapat jamur candida kemungkinan bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Penyakit kulit candidiasis bisa ditangani dengan cara perbaikan kesehatan tubuh dan hygiene. 

25. Jenis penyakit kulit – Vitiligo 

Jenis penyakit kulit seperti vitiligo diakibatkan oleh kehilangan pigmen kulit. Pigmen berguna sebagai pewarna kulit, jika kehilangan pigmen tersebut, maka bisa menyebabkan sebagian warna kulit menjadi bercak putih. 

Penyakit kulit vitiligo tidak bisa disembuhkan jika sel pigmen pada kulit sudah tidak ada, akan tetapi jika masih ada pigmen pada kulit kemungkinan kulit dapat normal kembali.
26. Jenis penyakit kulit – Selulitis 

Jenis penyakit kulit seperti selulitis diakibatkan oleh infeksi bakteri. Ciri penyakit kulit yaitu selulitis adalah kulit berwarna merah, lunak dan terasa panas, dan bintik merah tersebut dapat menyebar dengan cepat.

Selulitis bisa terasa nyeri dan sangat sakit, selulitis bisa terjadi pada kaki, dan juga pada tubuh. Penyakit selulitis harus segera ditangani karena penyakit ini cepat menyebar dan membahayakan. 

27. Jenis penyakit kulit – Hypohidrosis 

Jenis penyakit kulit seperti hypohidrosis adalah penyakit yang tidak bisa mengeluarkan keringat seperti normalnya. Dikarenakan kelenjar keringat tidak berfungsi dengan baik lagi. 

Tidak mampu berkeringat dengan normal bisa menyebabkan tubuh menjadi panas, efeknya akan menyebabkan kejang­-kejang dan juga dapat menyebabkan kematian. 

28. Jenis penyakit kulit – Decubitus ulcers 

Jenis penyakit kulit seperti decubitus ulcers adalah penyakit luka terbuka pada kulit. Penyakit kulit decubitus ulcers biasanya muncul dibagian pantat, punggug, ankle ataupun pinggul. Penyakit kulit decubitus ulcers sering terjadi pada orang tua, cacat atau lumpuh. 

29. Jenis penyakit kulit – Dermatomyositis 

Jenis penyakit kulit seperti dermatomyositis penyakit yang belum diketahui secara pasti penyebabnya. Tetapi para ahli memperkirakan penyakit dermatomyositis penyebabnya hampir mirip dengan penyakit auto immune. 

Penyakit dermatomyositis adalah penyakit pembengkakan kulit cukup langka. Dimana otot yang membengkak, dan otot menjadi terasa lemas, penyakit dermatomyositis dapat menyerang orang dewasa dan anak­-anak. 

30. Jenis penyakit kulit – Molluscum contagiosum 

Jenis penyakit kulit seperti molluscum contagoisum diakibatkan oleh virus molluscum. Virus ini bisa menyebabkan tumor jinak, dengan berciri-­ciri terdapat benjolan kecil pada kulit.

Itulah beberapa ­jenis penyakit kulit dan penyebabnya yang perlu anda waspadai. Semoga informasi kesehatan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua dan demikian mengenai jenis dan penyebab penyakit kulit.

0 comments: