Sumber Manfaat Bawang Merah Dapatkah Anda bayangkan sebuah resep masakan tanpa bawang merah di dalamnya? Pastilah rasanya sangat hampar da...

Sumber Manfaat Bawang Merah

Sumber Manfaat Bawang Merah

Bawang merah adalah sayuran berbentuk agak bulat dengan warna merah, salah satu sayuran dan bahan makanan tertua yang dimakan bagi manusia

Sumber Manfaat Bawang Merah

8 10 99
Sumber Manfaat Bawang Merah
Dapatkah Anda bayangkan sebuah resep masakan tanpa bawang merah di dalamnya? Pastilah rasanya sangat hampar dan tidak gurih. Karena bawang merah termasuk penyedap makanan alami supaya terasa gurih dan sedap.  


Bawang merah adalah sayuran berbentuk agak bulat dengan warna merah, salah satu sayuran dan bahan makanan tertua yang dimakan bagi manusia. Biasa digunakan dalam resep makanan, baik itu salad favorit Anda, ataupun saus lezat  atau kari. Bawang merah ini juga telah digunakan dalam resep obat-obatan tradisional sejak zaman kuno untuk kesehatan bersifat kuratif.


Dengan ciri khas bau yang tajam dan menyengat dari bawang dikarenakan senyawa sulfur, alil propil disulfida. Bawang merah (Allium cepa L. var. Aggregatum) adalah jenis bawang yang menghasilkan cluster seperti lampu kecil-memanjang dari tanaman tunggal. Bawang merah relatif kecil, kurang pedas dan rasanya lebih manis dari bawang putih.



Manfaat Bawang Merah

Karena manfaat bawang merah yang banyak, tidak hanya untuk pelengkap resep masakan, tetapi juga untuk manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Tanaman sayuran dan bawang tergolong dalam keluarga genus Alliaceae. Allium dan dikenal secara ilmiah sebagai: Allium cepa.
Bawang merah adalah tanaman herbal kecil yang tumbuh sekitar 2 kaki. Tumbuh bulat di bawah tanah dan sebenarnya adalah sebuah batang yang terdiri dari daun dimodifikasi diatur dalam whorls. Ada banyak jenis kultivar bawang merah yang tumbuh di seluruh dunia.


Pada masa tanamnya rata-rata tanaman bawang merah membutuhkan waktu sekitar tiga sampai empat bulan dari pembibitan sampai panen. Daun bawang merah yang hijau dan kepala bunga, semuanya juga bisa dimakan dan dimanfaatkan.



Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Karena bawang merah bukan hanya untuk bahan makanan dan juga pelengkap dalam resep makanan, tetapi manfaat bawang merah bagi kesehatan cukup banyak dan sangat baik.


Manfaat kesehatan dari bawang merah yaitu :
  1. Bawang merah sangat rendah kalori dan lemak. Tiap 100 gram hanya terkandung 40 kalori. Namun, makanan kaya akan serat yang larut.
  2. Phyto-kimia senyawa allium dan Alil disulfida dalam bawang merah mengkonversi menjadi allicin melalui reaksi enzimatik ketika daunnya dimodifikasi terdistorsi (menghancurkan, memotong, dll). Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa ini memiliki anti-mutagenik (melindungi dari kanker) dan sifat anti-diabetes (membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes).
  3. Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa allicin mengurangi produksi kolesterol dengan menghambat enzim HMG-CoA dalam sel-sel hati. Selanjutnya juga ditemukan aktivitas kandungan anti-bakteri, anti-virus, dan anti-jamur.
  4. Selain itu, Allicin juga menurunkan darah yang beku dalam pembuluh darah dengan memfasilitasi pelepasan oksida nitrat (NO) dan dengan demikian membawa penurunan tekanan darah keseluruhan. Selanjutnya, memiliki tindakan fibrinolitik dalam pembuluh darah. Hal ini membantu penurunan risiko secara keseluruhan dalam penyakit arteri koroner, penyakit pembuluh darah periferal, dan stroke.
  5. Bawang merah kaya akan kromium, mineral yang membantu sel-sel jaringan merespon dengan tepat untuk tingkat insulin dalam darah. Dengan demikian membantu memfasilitasi tindakan insulin dan mengontrol kadar gula pada diabetes.
  6. Sumber yang baik dari quercetin flavonoid antioksidan, yang ditemukan memiliki anti-karsinogenik, anti-inflamasi, dan anti-diabetes fungsi.
  7. Mengandung vitamin dengan manfaat antioksidan, vitamin C dan mangan-mineral. Mangan diperlukan sebagai co-faktor untuk enzim anti-oksidan, superoksida dismutase. Selain itu, isothiocyanate anti-oksidan di dalamnya membantu memberikan bantuan dari dingin dan flu dengan mengerahkan tindakan anti-inflamasi.
  8. Bawang merah juga baik dalam vitamin B-kompleks seperti asam pantotenat, piridoksin, folat dan thiamin. Piridoksin atau vitamin B-6 membantu menjaga kadar GABA di otak, yang bekerja terhadap kondisi neurotik.

0 comments: