Jantung merupakan organ yang berfungsi sangat vital. Bagaimana tidak, selama periode kehidupan manusia, jantung memompa sekitar 1,5 juta...

Penyebab Jantung Lemah & Obat Jantung Lemah / Kardiomiopati Alami

Penyebab Jantung Lemah & Obat Jantung Lemah / Kardiomiopati Alami

Penyebab Jantung Lemah & Obat Jantung Lemah / Kardiomiopati Alami

8 10 99
Jantung merupakan organ yang berfungsi sangat vital. Bagaimana tidak, selama periode kehidupan manusia, jantung memompa sekitar 1,5 juta galon darah. Itu merupakan kerja yg sangat berat bagi sebuah organ tubuh berukuran tidak lebih besar dari genggaman tangan.

Oleh karena tugasnya berat  jika tidak dijaga kesehatannya, maka jantung rentan mengalami penyakit. Salah satu penyakit pada jantung adalah jantung lemah atau kardiomiopati.

Kardiomiopati atau lemah jantung adalah penyakit yang berhubungan dengan miokard atau otot jantung. Penyakit jantung lemah ( kardiomiopati ) tidak berkaitan dengan penyakit arteri jantung, katup jantung, atau darah tinggi, namun memiliki beberapa tingkatan disfungsi otot jantung yg dapat disebabkan oleh penyakit lain. Kardiomiopati dapat menjadi penyebab detak jantung lemah ataupun tidak beraturan hingga gagal jantung pada penderitanya.

Sekitar satu dari 500 orang memiliki gangguan jantung lemah ( kardiomiopati ). Kardiomiopati menyebabkan dinding otot jantung  menebal dan kehilangan kekuatan memompa. Sekitar satu persen orang dengan gangguan ini meninggal mendadak setiap tahun, biasanya karena detak jantung terlalu cepat.

Ada empat jenis kardiomiopati atau jantung lemah, antara lain :

  1. Hypertrophic cardiomyopathy, Kondisi jantung lemah ( kardiomiopati ) ini sebagian besar diakibatkan oleh kondisi genetik dari keluarganya dan dapat terjadi pada segala usia. Gangguannya diakibatkan menebalnya otot jantung secara abnormal, khususnya pada ventrikel kiri jantung. Penebalan ini mengakibatkan jantung menjadi sulit untuk memompa darah.
  2. Arrhythmogenic right ventricular cardiomyopathy, Tipe jantung lemah ( kardiomiopati ) ini tergolong langka. Sebagian kasus merupakan penyakit turunan yg sering disebabkan oleh mutasi pada satu gen atau lebih. Gangguan ini timbul karena terdapat kelainan pada protein yg merekatkan sel otot jantung. Sel otot jantung abnormal yg mati kemudian digantikan oleh sel baru yang berlemak dan berserat (jaringan parut), menyebabkan ruang jantung menjadi tipis dan meregang. Sel baru ini kemudian menghalangi jantung untuk memompa dan menyebarkan darah ke seluruh tubuh. Penyakit jantung lemah ( kardiomiopati ) ini dapat terjadi pada segala usia dan penderita biasanya memiliki ritme denyut jantung bermasalah.
  3. Restrictive cardiomyopathy, Kondisi cukup langka ini dapat diakibatkan oleh terjadinya penumpukan protein abnormal atau zat besi pada otot jantung. Selain itu dapat disebabkan juga oleh kondisi amyloidosis, sarcoidosis, kelainan pada sel darah dapat merusak jantung, gangguan pada jaringan ikat tubuh, dan gangguan lain yang tidak diketahui sumbernya. Penyakit jantung lemah ( kardiomiopati ) ini umumnya terjadi pada orang berusia lanjut walau dapat juga terjadi pada segala usia. Gangguan ini timbul sebagai akibat kakunya otot jantung sehingga jantung tidak dapat mengembang dengan baik dan berujung pada terhambatnya aliran darah ke dalam jantung.
  4. Dilated cardiomyopathy, Kondisi jantung lemah ( kardiomiopati ) ini dapat diakibatkan oleh pengonsumsian obat-obatan, obat kemoterapi, alkohol, infeksi, kondisi penyakit jantung koroner, hingga penyebabnya tidak diketahui. Penyakit ini umumnya terjadi pada pria paruh baya atau penderita dengan sejarah kardiomiopati dalam keluarganya. Gangguan timbul dikarenakan ruang ventrikel jantung sebelah kiri penderita tidak dapat berkontraksi dan memompa darah dengan baik. Hal ini menyebabkan ventrikel kiri membesar dan menghambat darah mengalir ke luar jantung.

Penyebab Jantung Lemah & Obat Jantung Lemah / Kardiomiopati Alami

Penyebab Jantung Lemah ( Kardiomiopati )

Brikut beberapa penyebab dari jantung lemah ( kardiomiopati ) :
  • Kondisi genetik / faktor keturunan.
  • Penderita tekanan darah tinggi jangka panjang sangat beresioko terkena kardiomiopati.
  • Rusaknya jaringan jantung akibat serangan jantung.
  • Denyut jantung berdetak terlalu cepat dalam jangka panjang bisa menjadi penyebab jantung lemah / kardiomiopati
  • Gangguan pada katup jantung.
  • Penyebab jantung lemah juga bsia akibat dari kekurangan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh, seperti vitamin B1.
  • Gangguan metabolisme, seperti diabetes, obesitas, atau penyakit kelenjar tiroid.
  • Penyalahgunaan alkohol seperti kebiasaan minum minuman beralkohol berlebihan selama bertahun-tahun.
  • Komplikasi pada kehamilan.
  • Pengonsumsian amfetamin, kokain, atau steroid anabolik.
  • Amyloidosis atau gangguan yg dapat memicu produksi protein abnormal sehingga bisa menjadi penyebab jantung lemah / kardiomiopati
  • Sarcoidosis atau kondisi tertentu yg dapat menyebabkan inflamasi dan tumbuhnya gumpalan sel pada jantung dan organ tubuh lain.
  • Hemochromatosis atau penumpukan zat besi pada otot jantung.
  • Infeksi tertentu, termasuk hepatitis C, dapat mencederai jantung dan memicu kardiomiopati.
  • Gangguan pada jaringan ikat tubuh.

Gejala atau Ciri-Ciri Jantung Lemah ( Kardiomiopati )

Jantung lemah atau kardiomiopati lebih sering menyerang pada usia muda, terutama jika mengalami gejala-gejala atau ciri-ciri berikut harus diwaspadi mungkin saja mengalami jantung lemah ( kardiomiopati ), apalagi jika riwayat keluarga ada yang pernah mengalami gagal jantung, antara lain :

  • Sering merasakan sesak nafas, Ciri-ciri penyakit lemah jantung paling umum yaitu dimana adanya kondisi seringnya mengalami sesak nafas atau rasa sulit bernafas.
  • Detak jantung tidak teratur, Ciri-ciri penyakit jantung lemah ( kardiomiopati ) lainnya adalah detak jantung tidak teratur.
  • Batuk kronis, Pada penderita jantung lemah ( kardiomiopati ) akan sering terjadi adanya penumpukan cairan di area paru-paru. Sehingga kondisi ini akan mengakibatkan seseorang mengalami batuk yg sulit disembuhkan.
  • Mudah merasakan lelah, Ciri-ciri penyakit lemah jantung selanjutnya ditandai saat melakukan aktivitas akan mudah merasakan lemah, karena jantung lemah dan tidak dapat mempompa darah secara optimal
  • Nafsu makan berkurang, Pada penderita jantung lemah ( kardiomiopati ) biasanya akan sering mengalami kondisi tidak nafsu makan, kondisi ini terjadi karena pada saat organ hati dan sistem pencernaan gagal menerima pasokan darah sehat maka akan muncul rasa mual dan sering merasakan kenyang padahal perut belum terisi apapun. Kondisi ini juga dapat menyebabkan penurunan badan secara drastis.

Menurut dr. Jil Tardiff, M.D., Ph.D., dari fakultas kedokteran universitas Arizona. Kebanyakan kasus kardiomiopati hipertropik bersifat genetik, jika Anda memiliki riwayat keluarga yang dicurigai memiliki penyakit jantung, dokter mungkin akan merekomendasikan tes seperti rekam listrik jantung (EKG) dan USG jantung (ekokardiografi). Plus, Anda harus  ekstra waspada terhadap gejala seperti sesak napas, pingsan, dan  jantung berdebar cepat.

Kardiomiopati atau lemah jantung dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak segera didiagnosis dan ditangani dengan baik. Beberapa komplikasinya, di antaranya penggumpalan darah hingga terhambatnya aliran ke organ tubuh lain, katup jantung tidak menutup sempurna hingga berisiko menjadi penyebab aliran darah mengarah kembali ke jantung, atau gagal jantung yang dapat berujung kepada kematian mendadak. 

Maka dari itu jika Anda mengalami jantung lemah ( kardiomiopati ) segera obati dan jangan tunggu parah, karena masalah ini berkaitan dengan jantung dan jantung adalah organ yang paling sangat vital di dalam tubuh.

Pengobatan Jantung Lemah ( Kardiomiopati )

Pengobatan jantung lemah atau kardiomiopati bisa dilakukan secara medis dengan pemeriksaan ke dokter dan memberikan obat-obatan biasa menggunakan obat-obatan berbahan kimiawi, selain itu juga ada pengobatan alternatif lain selain dengan obat dokter yaitu pengobatan tradisional herbal dengan bahan-bahan alami.

Tanaman atau buah-buahan alami berikut dapat dijadikan sebagai ramuan obat jantung lemah alami, antara lain :

Pisang
Pisang bisa digunakan menjadi obat jantung lemah alami larena memiliki kalium dan magnesium dalam buah pisang yg bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi. disamping itu juga kandungan vitamin B6, C dan serat dapat menguatkan jantung, termasuk pada jantung lemah ( kardiomiopati )

Delima
Buah ini kaya akan polifenol sangat baik untuk jantung, yaitu  untuk mencegah dan menurunkan aterosklerosis (penebalan dinding arteri), mengontrol kolesterol dengan mengurangi LDL (kolesterol jahat dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) sehingga bisa diramu menjadi obat jantung lemah alami.

Pepaya
Obat jantung lemah juga dibuat dari pepaya, banyak kandungan kandungan dari buah pepaya ini seperti Vitamin A, C E, folat, magnesium, kalsium serta kalium yang dapat menjaga kekuatan dan kesehatan jantung, termasuk pada jantung lemah ( kardiomiopati )

Jeruk nipis
Jeruk nipis terkenal dengan kandungan vitamin c bersifat antioksidan juga bisa diramu menjadi obat jantung lemah, namun lain halnya dnegan daunnya. daun jeruk nipis dipercaya mengandung senyawa flavanoid yang cukup tinggi.

Buah Melon
Potong potong buah ini menjadi bagin kecil untuk dikonsumsi tiap hari bisa menjadi terapi pengobatan jantung lemah, karena  buah ini kaya akan Vitamin A, B6, C, folat, potassium, dan serat  sangat baik bagi kekuatan jantung, termasuk pada jantung lemah ( kardiomiopati )

Itulah beberapa tanaman atau buah-buahan yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit jantung termasuk jantung lemah ( kardiomiopati ). Namun selain dengan tanaman alami ada juga pengobatan yang berasal dari hewan tentunya alami juga karena bukan bahan kimiawi.

Teripang salah satu hewan yang banyak memiliki kandungan tinggi khasiat baik untuk kesehatan dan juga untuk berbagai pengobatan.

Apa itu teripang ?? Teripang adalah spesies hewan laut yang hidupnya di dasar laut, teripang sering juga disebut dengan gamat atau timun laut ( sea cucumber ). Ada banyak jenis teripang di seluruh lautan dunia namun jumlahnya berbeda-beda. Dari berbagai jenis spesies teripang di dunia, teripang emas adalah salah satu teripang unggulan dan terbaik, kandungannya sangat komplit dan berkhasiat tinggi.
.
Berikut kandungan pada teripang emas :
Penyebab Jantung Lemah & Obat Jantung Lemah / Kardiomiopati Alami
Gbr. Teripang / Gamat Emas
  • Protein 86,8%
  • Kolagen 80,0%
  • Mineral
  • Mukopolisakarida
  • Glucosaminoglycans (GAGs)
  • Antiseptik alamiah
  • Chondroitin
  • Saponin
  • Omega-3, 6, dan 9
  • Asam Amino
  • Lektin
  • Vitamin dan Mineral
  • Senyawa Aktif Gamapeptide

Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan Brasil yang diterbitkan pada bulan September 1996 di”Journal of Biological Chemistry” menemukan bahwa chondroitin sulfat dapat berfungsi sebagai  antikoagulan.

Antikoagulan adalah golongan obat yang dipakai untuk menghambat pembekuan darah, artinya chondroitin ini dapat mencegah pembekuan darah dan juga mengembalikan pembekuan darah menjadi normal kembali dengan begitu peredaran darah akan membaik dan membuat jantung lebih mudah dalam memompa darah keseluruh tubuh hingga pada akhirnya akan membuat jantung kembali normal dengan kata lain jantung tidak menjadi lemah lagi.

Selain itu juga mengandung potein tinggi, protein ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh ( kekebalan tubuh ) jadi dengan mengkonsumsi teripang emas bukan hanya menyembuhkan jantung lemah / kardiomiopati nya saja tetapi juga akan membuat tubuh Anda lebih segar, bugar dan lebih sehat.

Maka dari itu pengobatan jantung lemah dengan teripang emas, sangat perlu di coba karena selain efektif menyembuhkan jantung lemah / kardiomiopati serta dapat meningkatkan kesehatan secara menyeluruh dan juga sangat aman tanpa efek samping.

0 comments: