Seperti yang telah dilansir dari Boldsky menyebutkan bahwa orang yang terlalu sering cemas atau mudah cemas dengan hal-hal yang sepele saja...

Bahaya Penyebab Dan Mengatasi Cemas Berlebih Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Bahaya Penyebab Dan Mengatasi Cemas Berlebih Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Bahaya Penyebab Dan Mengatasi Cemas Berlebih Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

8 10 99
Seperti yang telah dilansir dari Boldsky menyebutkan bahwa orang yang terlalu sering cemas atau mudah cemas dengan hal-hal yang sepele saja maka lama-kelamaan dapat mengakibatkan terjadinya stres yang berkepanjangan dan semakin lama dapat mengakibatkan depresi sehingga berdampak buruk bagi kesehatan tubuh baik mental maupun fisik.

Di bawah ini ada beberapa akibat yang terjadi jika Anda sering mengalami cemas yang berlebihan yaitu:

Bahaya Cemas Berlebih Bagi Kesehatan


1. Menurunkan daya tahan/ imunitas tubuh

Orang yang sering mengalami kecemasan berlebih akan berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya adalah menurunkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh akan kesulitan untuk melawan berbagai penyakit sehingga Anda akan menjadi mudah sakit karena tubuh yang lemah, seperti sering mengalami gangguan kesehatan misalnya batuk atau juga pilek.

2. Meningkatkan resiko terkena masalah jantung

Stres yang terus menerus akibat dari kecemasan yang berlebihan juga mengakibatkan masalah kesehatan pada jantung, berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap orang yang sering merasa cemas ternyata dapat meningkatkan resiko terkena gangguan masalah jantung sebanyak 30 persen, karena itu jika anda tidak ingin mengalami masalah dengan jantung anda sebaiknya kontrol rasa cemas anda sehingga tidak terlalu berlebihan.

3. Lebih cepat mengalami penuaan dini

Orang yang terlalu sering stres lama-kelamaan bisa mempengaruhi kondisi luar tubuh sehingga seseorang akan terlihat menjadi lebih tua, karena stres dapat mengakibatkan sel-sel tubuh menjadi menua lebih cepat dari keadaan normal. Keadaan tersebut ditandai dengan kulit yang berkeriput terutama pada bagian wajah, rambut menjadi lebih cepat beruban serta kesehatan penglihatan menjadi berkurang.

4. Infertilitas dan libido menjadi menurun

Stres karena kecemasan yang berlebihan juga dapat berdampak buruk bagi tingkat kesuburan pria dan wanita serta gairah dalam bercinta untuk suami istri juga menjadi berkurang, karena itu sebaiknya hindari kecemasan yang berlebihan agar tidak mengganggu keharmonisan rumah tangga anda.

5. Terjadinya penurunan pada kondisi kesehatan otak anda

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada orang yang sering mengalami stres dan cemas berlebihan dapat membuat terjadinya kondisi kesehatan pada otak orang tersebut seperti korteks prefrontal yang menyusut atau menjadi lebih kecil, dan gangguan lainnya otak menjadi mudah pelupa.

6. Berat badan tubuh menjadi lebih mudah naik

Hormon di dalam tubuh yang dinamakan kortisol bisa terjadi karena akibat adanya gangguan kecemasan yang berlebihan atau stres dan ini berdampak buruk bagi kesehatan karena dapat mengganggu metabolisme tubuh sehingga efeknya berat badan menjadi lebih cepat naik.

7. Gangguan pada pencernaan dan lambung

Orang yang sering merasa cemas dan stres biasanya akan selalu berhubungan erat dengan gangguan lambung dan pencernaan karena produksi asam lambung yang berlebihan akibat dari rasa cemas dan stres tersebut sehingga mudah mengalami sakit maag atau iritasi pada lambung akibat asam lambung berlebihan.

Setelah kita mengetahui akibat dari cemas yang berlebih, terus apa saja penyebab cemas tersebut berikut penyebabnya?

Penyebab Dari Cemas Berlebih


Mengkonsumsi Kopi/Kafein

Sejumlah orang yang mengkonsumsi kopi atau kafein pasti pernah merasakan susah tidur di mana kecemasan pun akhirnya melanda. Kafein adalah zat alami yang jika masuk ke dalam tubuh manusia, maka kafein ini akan berperan sebagai stimulan pada sistem metabolik dan saraf pusat manusia. Ternyata, Asosiasi Psikolog Amerika telah meneliti akan kaitan dari gangguan tidur dan kecemasan berlebihan dengan efek yang ditimbulkan oleh kafein.

Ketika seseorang terus dihinggapi rasa cemas berlebih, maka otomatis tidur pun akan terganggu. Keduanya mungkin menjadi hasil dari asupan kafein yang masuk ke dalam tubuh secara terus-menerus dalam jangka waktu panjang. Hal ini berakibat pada tidur yang tidak bisa nyenyak dan bahkan mengganggu kenormallan pola otak. Kafein dapat menyebabkan kecemasan di mana gejalanya antara lain adalah sering merasa panik dan berperilaku obsesif. Bahkan bisa juga terkena masalah psikologis seperti skizofrenia.

Stres karena Pekerjaan/Sekolah

Semua orang pasti pernah merasa stres dan tekanan yang didapat bisa di mana dan dari mana saja, seperti stres di sekolah bagi para pelajar atau stres di tempat kerja bagi yang sudah bekerja. Stres dapat muncul ketika terlalu banyak hal yang harus dikerjakan sedangkan waktu tidak mencukupi untuk mengerjakan semuanya sekaligus. Pekerjaan rumah maupun pekerjaan kantor, belum lagi mungkin masalah dengan teman sekolah/kantor atau guru/atasan di kantor akan dapat menyebabkan kecemasan berlebihan.

Anak-anak pun dapat mengalami kecemasan yang diakibatkan oleh perlakuan orang tua terhadap diri mereka menyangkut masalah sekolah. Pada umumnya, anak-anak cenderung merasa stres dan cemas dalam menghadapi orang tua mereka yang terlalu kritis dan perfeksionis. Contoh nyata adalah di mana banyak anak yang dituntut oleh orang tua mereka untuk memperoleh nilai paling baik di kelas.

Atau, sang anak harus berprestasi agar orang tuanya bangga. Namun ketika sang anak tidak dapat meraihnya, atau kurang sedikit saja, anak tersebut akan mendapat hukuman. Anak-anak yang kurang mendapat penghargaan dari orang tua mereka akan sangat mudah mengeluarkan reaksi berperilaku cemas.

Efek Samping Pengobatan

Kecemasan dapat juga disebabkan oleh obat tertentu sebagai efek samping dan beberapa obat pun bahkan berkemungkinan membuat kecemasan yang sudah muncul semakin parah.

Stres karena Mengidap Penyakit Tertentu

Ketika seseorang didiagnosa mengidap penyakit yang serius dan parah, tentu hal ini akan membuatnya menjadi kepikiran. Tidak jarang juga mereka akan mengalami yang namanya kecemasan karena merasa ketakutan akan penyakit yang ada di dalam tubuh mereka. Biasanya, seseorang dengan penyakit serius juga menjadi terlalu cemas karena ia memikirkan masa depannya, serta masa depan keluarganya.

Stres karena Masalah Keuangan

Seseorang dapat dilanda rasa cemas berlebih ketika ia sedang berada dalam masa sulit, terutama yang berkaitan dengan masalah keuangan. Terlilit hutang dan dikejar-kejar rentenir misalnya, ini adalah contoh yang dapat kita lihat bukan hanya di televisi, melainkan juga di kehidupan nyata di sekitar kita. Hal ini dapat memicu kecemasan, kepanikan dan gangguan tidur pada seseorang.

Pernah Mengalami Trauma

Kecemasan juga dapat ditimbulkan akibat suatu trauma di masa lalu, entah itu karena perceraian orang tua, kekerasan orang tua terhadap anak, kematian dari orang yang paling dicintai, atau bahkan menyaksikan orang kecelakaan. Semua ini adalah penyebab kecemasan yang termasuk di dalam golongan faktor lingkungan.

Kekurangan Oksigen

Ketika seseorang kekurangan oksigen yang mengalir di dalam darah menuju otak, maka akan terjadi serangan panik. Kecemasan pun dapat disebabkan oleh kurangnya oksigen di dalam otak, dan jika berkelanjutan tanpa mendapatkan penanganan khusus atau medis, pusing dan pingsan bisa menjadi akibatnya. Solusi yang dapat dipertimbangkan ketika seseorang mengalami hal seperti ini adalah sering-sering berolahraga dan meningkatkan konsumsi garam.

Masalah Fisiologis

Kecemasan berlebih rupanya bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Jika Anda mempunyai orang tua yang mempunyai gangguan kecemasan, maka hal ini dapat menurun ke anak di mana sang anak akan merasakan serta mengalami hal serupa. Saat otak tidak memiliki kimiawi yang seimbang maka Anda pun akan mengalami kecemasan; selain itu, penyebab dari kecemasan adalah masalah kesehatan yang kita kenal dengan nama hipoglikemia. Ciri-ciri orang yang menderita kecemasan berlebih akan otomatis menunjukkan reaksi lebih kuat terhadap stimulan seperti kafein, amfetamin dan aspartam.

Kepribadian

Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa timbulnya gangguan kecemasan berlebihan pada seseorang bisa disebabkan oleh kepribadian orang tersebut sendiri. Intinya, peran utama dimainkan oleh kepribadian, khususnya orang-orang yang kerap merasa rendah diri sehingga lebih mudah mengalami kecemasan secara berlebih. Orang yang merasa rendah diri akan cenderung berpikir negatif sehingga gangguan kecemasan pun akan muncul.

Perasaan rendah diri adalah hal yang kurang baik karena kemudian orang yang merasakan perasaan seperti ini terus-menerus, maka akan selalu merasa tidak berdaya dalam situasi apapun, merasa kesepian, serta takut ditolak oleh orang lain atau dalam pergaulan tertentu. Kecemasan berlebihan pun dapat diartikan sebagai gangguan kepribadian di mana akan semakin parah jika dalam hidup orang tersebut terdapat banyak masalah. Masalah kesehatan, pekerjaan, hubungan dengan pasangan, masalah keluarga dan keuangan dapat memicu kondisi cemas yang mengganggu.

Tips Mengatasi Rasa Cemas Berlebih


BersyukurCara ini adalah yang paling efektif dalam mengurangi kecemasan. Mensyukuri segala nikmat yang Tuhan berikan dan bersyukur dapat dilakukan bukan hanya saat Anda beribadah atau hendak tidur. Saat tengah sendirian pun Anda dapat mengucap syukur atas segala yang diberikan Tuhan serta perbuatan baik orang lain terhadap Anda.

Meditasi - Salah satu cara untuk relaksasi adalah meditasi di mana kegiatan ini akan sangat bermanfaat dalam menyeimbangkan tubuh dan pikiran sehingga terhindar dari rasa cemas berlebihan. Meditasi dapat mengubah suasana hati yang buruk menjadi baik serta mencegah segala gejala stres.

Ambil waktu untuk bermain - Banyak orang yang menjauhkan diri dari rasa cemas akibat stres dengan bermain bersama hewan peliharaan. Jadi jika memiliki hewan peliharaan, jangan ragu untuk bermain-main dengannya karena ini termasuk efektif untuk Anda dapat melegakan dan melepaskan diri dari rasa stres.

Aromaterapi - Berbaring atau duduk di tempat tidur, berdiam diri sambil mencium bau-bauan minyak harum aromaterapi pasti akan menyegarkan pikiran Anda kembali. Kecemasan diawali dengan adanya tekanan dan ketegangan di dalam tubuh terlepas dari apa penyebab cemas berlebihan yang Anda alami, dan dengan mencium bau aromaterapi, dijamin Anda menjadi lebih baik dan rileks.

Itulah Bahaya Penyebab Dan Mengatasi Cemas Berlebih Yang Berbahaya Bagi Kesehatan tubuh karena itu sebaiknya hindari sebisa mungkin rasa cemas anda yang berlebihan, mungkin anda dapat mengalihkan pikiran anda dengan berkumpul banyak orang atau melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa mengalihkan rasa cemas anda.

0 comments: