Mempunyai masalah dengan kolesterol tinggi sering menimbulkan efek negatif terhadap tubuh akibat dari kolesterol tinggi dan sangat ingin ...

Penyebab Kolesterol Tinggi dan Obat Kolesterol Tinggi Alami

Penyebab Kolesterol Tinggi dan Obat Kolesterol Tinggi Alami

Penyebab Kolesterol Tinggi dan Obat Kolesterol Tinggi Alami

8 10 99
Mempunyai masalah dengan kolesterol tinggi sering menimbulkan efek negatif terhadap tubuh akibat dari kolesterol tinggi dan sangat ingin sekali untuk mengatasi atau menurunkan kolesterol tinggi tersebut ?? Simak informasinya sampai tuntas.

Apa itu kolesterol tinggi ??

Kolesterol adalah senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi di hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan yang mengandung lemak tinggi, bisa dikatakan kolesterol termasuk lemak juga namun jenisnya berbeda karena lemak sendiri berbagai macam nah salah satu jenis lemak ialah kolesterol.

Kolesterol di dalam tubuh sebenarnya memiliki peran yang sangat baik hampir disemua organ tubuh mulai dari ujung rambut sampai kaki membutuhkan kolesterol, secara intinya kolesterol memiliki peran yang sangat baik untuk keseimbangan tubuh dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Namun demikian jika kolesterol ini kurang di dalam tubuh berdampak negatif juga terhadap tubuh apalagi jika kolesterol ini tinggi / melebihi tingkat kenormalannya tentu sangat berdampak buruk terhada tubuh dan bisa menimbulkan berbagai penyakit berat.

Koesterol di dalam tubuh mempunyai 2 jenis, yaitu :

  1. LDL (Low Density Lipoprotein Cholesterol) sering disebut kolesterol jahat karena kadar lemaknya tinggi dan pekat, walau begitu LDL memiliki peran baik bagi tubuh yaitu mendistribusikan kolesterol dari hati ke organ tubuh yang membutuhkannya. Tetapi LDL menjadi kolesterol jahat jika kolesterolnya tinggi karena akan menyebabkan melekatnya kolesterol dalam dinding-dinding pembuluh darah pada saat transportasi darah dilakukan. Melekatnya kolesterol di dalam pembuluh darah lama kelamaan akan menjadi plak dan dapat menyumbat aliran darah ( menyebabkan penyumbatan pembuluh darah).

  2. HDL (High Density Lipoprotein) sering disebut kolesterol baik, memiliki kandungan protein lebih banyak atau sedikit kandungan lemak sehingga dikatakan kolesterol baik, peran HDL bagi tubuh kebalikan dari LDL / kolesterol jahat yaitu mengangkut kolesterol dari organ tubuh yang tidak terpakai kembali ke organ hati untuk di proses kembali. Namun demikian HDL ( kolesterol baik ) juga tidak boleh berlebih karena mempunyai resiko buruk terhadap tubuh, maka keseimbangan kolesterol sangat diperlukan oleh tubuh.


Yang disebut dengan kolesterol tinggi ini ialah senyawa kolesterol jahat ( LDL ) di dalam darah tinggi, kolesterol jahat yang tinggi ( biasa sering menyebut dengan kolesterol tinggi ) inilah yang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan plak dan penyumbatan pembuluh darah. Seperti yang sudah dijelaskan tadi karena kadar lemaknya yang tinggi sehingga senyawa kolesterol di dalam darah memiliki daya lekat, ketika darah yang mengandung kolesterol tinggi mengalir di dalam pembuluh darah maka kolesterol tsb sering melekat di dinding pembuluh darah dan lambat laun menumpuk menyumbat pembuluh darah karena seperti yang dikatakan tadi kolesterol tinggi memiliki daya lekat akibat kandungan lemaknya tinggi ( LDL / lemak jahat ).

Penyebab Kolesterol Tinggi dan Obat Kolesterol Tinggi Alami

Jadi kolesterol tinggi atau dalam dunia medisnya hiperkolesterolemia adalah kondisi dimana tingkat kolesterol jahat ( LDL ) di dalam darah yang melampaui batas kadar kenormalannya, jika kolesterol jahat ( LDL ) tinggi bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan pada akhirnya berdampak berbagai penyakit berat dan berhaya.

Apa penyebab kolesterol tinggi ??

Penyebab kolesterol tinggi ( kolesterol jahat / LDL tinggi ) memiliki berbagai penyebab yang mempengaruhinya, namun bisa dibedalan menjadi 2 penyebab kolesterol tinggi, yaitu penyebab eksternal dan penyebab internal.

1. Penyebab interenal kolesterol tinggi, diantaranya seperti :
  • Faktor keturunan bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi terutama riwayat keluar penderita kolesterol tinggi.
  • Ras dan suku bangsa tertentu di dunia memiliki resiko terkena kolesterol lebih tinggi seperti Bangladesh, India, Sri lanka, atau Pakistan sehingga ras dan suku bangsa juga bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi.
  • Kegemukan atau memiliki lengkar pinggang besar bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi, kegemukan bisa diakibatkan keran faktor keturunan bisa juga faktor gaya hidup seperti kurang berolah raga.

2. Penyebab eksternal kolesterol tinggi, penyebab kolesterol tinggi ini menjadi penyebab umum dari kolesterol tinggi karena berkaitan dengan gaya hidup seseorang. Gaya hidup kurang sehat secara disadari atau tidak disadari menyebabkan kolesterol tinggi di dalam tubuhnya, beberapa contoh gaya hidup kurang sehat, seperti :
  • Kebiasaan  mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, penyebab terbesar kolesterol tinggi ialah makanan yang berlemak jenuh tinggi. Makanan-makanan tinggi kadar lemak jenuhnya antara lain santan, jeroan, otak sapi, daging kambing, daging bebek dengan kulit, kulit ayam, kerang, udang, cumi, dan telur burung puyuh.
  • Jarang berolahraga atau kurang melakukan aktivitas fisik bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi karena dengan berolah raga dapat menguraikan lemak di dalam tubuh termasuk dengan lemak kolesterol.
  • Kebiasaan merokok, pada rokok ditemukan sebuah zat kimia yang disebut akrolein. Zat ini dapat menghentikan aktivitas HDL atau kolesterol baik untuk mengangkut timbunan lemak dari tubuh menuju hati untuk dibuang sehingga menjadi salah satu penyebab kolesterol tinggi.
  • Kebiasaan terlalu banyak mengonsumsi minuman keras, bukan hanya menjdai salah satu penyebab kolesterol tinggi keseringan mengkosumsi minuman keras juga berdampak pada kerusakan hati dan penyakit hati.


Penyebab kolesterol tinggi bermacam-macam namun sebenarnya penyebab yang paling umum kolesterol tinggi, penyebab nya ialah faktor gaya hidup kurang sehat ( penyebab eksternal kolesterol tinggi ) seperti kebanyakan mengkonsumsi makanan berkadar lemak jenuh tinggi, disertai kurang berolahraga dan morokok apalagi jika diikuti dengan keseringan mengkonsumsi minuman keras.

Berikut tabel kadar kolesterol normal dan tidak normal :
Penyebab Kolesterol Tinggi dan Obat Kolesterol Tinggi Alami
Apakah kolesterol tinggi berbahaya ??

Sangat perlu diketahui bahwa kolesterol tinggi bayak yang menyebutnya sebagai " The Sillent Killer ( pembunuh diam-diam ) " karena memang jelas kolesterol tinggi yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah menjadi gerbangnya penyakit berat seperti penyakit jantung, stroke dan penyakit berat lainnya.

Dr. Karin Wiradarma, Anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum KlikDokter.com menjelaskan mengidap kolesterol tinggi sama saja dengan menyimpan bom waktu di dalam tubuh. Kadar lemak yang berlebihan di dalam darah ini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang mengancam jiwa, jadi sangat jelas jika kolesterol tinggi sangat berbahaya jika terus dibiarkan.

Demikian infromasi mengenai Penyebab Kolesterol Tinggi dan Obat Kolesterol Tinggi Alami, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan berguna. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga Anda senantiasa diberikan kesehatan..!! Amiin..

0 comments: