Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Infeksi Ginjal ( Pielonefritis ) Berikut informasi mengenai penyakit infeksi ginjal ( pielonefritis )...

Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Infeksi Ginjal ( Pielonefritis )

Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Infeksi Ginjal ( Pielonefritis )

Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Infeksi Ginjal ( Pielonefritis )

8 10 99

Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Infeksi Ginjal ( Pielonefritis )
Berikut informasi mengenai penyakit infeksi ginjal ( pielonefritis ) dimulai dari pengertian, penyebab infeksi ginjal ( pielonefritis ), gejala serta cara mengobati infeksi ginjal ( pielonefritis ) baik secara medis atau dengan pengobatan alternatif tradisional menggunakan obat herbal alami.
Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Infeksi Ginjal ( Pielonefritis )

Tubuh memiliki 2 ginjal di kiri dan kanan, kedua organ terebut bersihergi bersamaan untuk keseimbangan tubuh, ginjal berperan cukup besar dan cukup vital di dalam tubuh, ginjal memiliki banyak fungsi, salah satunya ialah untuk menyaring zat-zat sisa di dalam darah untuk selanjutnya di keluarkan dalam bentuk urine ( air seni ). Ginjal juga tidka luput dari berbagai gangguan yang menimbulkan penyakit ginjal, diantara beberapa penyakit ginjal salah satunya ialah infeksi ginjal ( pielonefritis ).

Infeksi ginjal ( pielonefritis ) ialah penyaiit ginjal dimana ginjal terinfeksi oleh bakteri, kuman ataupun virus sehingga ginjal mengalami peradangan dan kerja ginjal menjadi terhambat.

Penyebab infeksi ginjal ( pielonefritis )

Penyebab infeksi ginjal ( pielonefritis ) hampir 90 % disebabkan oleh infeksi bakteri yang masuk kedalam ginjal, bakteri ini bernama bakteri escherichia coli atau E. Colli ( bakteri yang umum ditemukan dalam kotoran ). Infeksi ini biasanya komplikasi dari penyakit infeksi saluran kemih, sebelum bakteri masuk ke dalam ginjal awalnya bakteri dai luar tubuh masuk melalui anus / urtetra ( kelamin ) lalu masuk ke dalam saluran kemih ( yang membuat penyakit infeksi saluran lemih ) lalu bakteri tersebut masuk ke dalam ginjal sehingga terjadi infeksi ginjal.

Jadi infeksi ginjal ialah turunan ( komplikasi ) dari penyakit infeksi saluran kemih, seseorang yang mengalami infeksi saluran kemih sangat beresiko mengalami infeksi ginjal karena bakteri bisa bisa masuk ke dalam ginjal.

Wanita lebih sering mangalami infeksi ginjal dibandingkan dengan pria karena wanita lebih mudah mengalami infeksi saluran kemih, hal ini karena berbagai faktor terutama karena faktor posisi uretra / kelamin wanita lebih dekat dengan dubur, faktor kebiasaan ketika sehabis buang kecil juga menjadi faktor penyebabnya karena biasanya wanita berjongkok ketika buang air kecil ketika membasuhnya dengan air percikan air bisa menjadi perantara masuknya bakteri ke dalam vagina / uretra apalagi jika kondisi wc nya yang kotor hingga bakteri masuk ke dalam ureter dan masuk ke dalam saluran kemih dan terjadi infeksi saluran kemih sampai berkomplikasi menjadi infeksi ginjal.

Selain itu, infeksi ginjal juga bisa terjadi akibat infeksi bakteri atau jamur pada kulit menyebar melalui aliran darah dan masuk ke ginjal. Tapi kondisi ini cukup jarang dan biasanya hanya terjadi pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.

Infeksi ginjal juga bisa terjadi pada anak-anak, ini terjadi karena mengalami kelainan refluks vesicoureteral sejak lahir, yaitu aliran urine yang seharusnya di keluarkan masuk kembali ke dalam ginjal sehingga terjadi infeksi ginjal, akan tetapi infeksi ginjal pada anak relatif jarang terjadi.

Keadaan lainnya yang meningkatkan resiko terjadinya infeksi ginjal adalah :
  • Kehamilan
  • Kencing manis
  • Batu ginjal
  • Keadaan-keadaan yang menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

Gejala infeksi ginjal ( pielonefritis )

Gejala-gejala pad infeksi ginjal bisa berlangsung dengan cepat ketika bakteri mulai meng infeksi ginjal, berikut beberapa gejala umum infeksi ginjal baik dialami wanita atupun pria dewasa, antara lain :
  • Sering buang air kecil
  • Buang air kecil terasa sakit, ada sensasi terbakar dan tidak nyaman, hampir sama dengan gejala awal dari infeksi saluran kemih.
  • Bau urine tidak seperti biasanya.
  • Terkadang warna urine menjadi pekat
  • Rasa sakit dan tidak nyaman di sekitar perut samping, atau bagian punggung.
  • Merasa kelelahan.
  • Mual dan muntah.
  • Diare.
  • Demam atau menggigil.
  • Kehilangan selera makan.

Pada penderita infeksi ginjal anak-anak , biasanya akan mengalami hal-hal berikut, seperti :
  • Rewel.
  • Susah makan
  • Muntah-muntah.
  • Sakit perut.
  • Badan lemas atau kurang berenergi.
  • Pertumbuhan anak tidak normal.
  • Mengompol.
  • Adanya darah dalam urine atau hematuria.
  • Bau urine tidak seperti biasanya.
  • Jaundice atau sakit kuning, yaitu kondisi ketika kulit dan bagian putih mata menjadi berwarna kuning.

Bahaya infeksi ginjal ( pielonefritis )

Infeksi bakteri terhadap ginjal, akan membuat ginjal meradang dan mengalami penurunan kerja ginjal, dalam konidis kornis ( sudah lama dibiarkan ) infeksi ginjla akan menimbulkan berbagai komplikasi penyakit dan jika komplikasi infeksi ginjal ini terjadi tentu sangat membahayakan dan sangat beresiko terhadap kesehatan tubuh secara menyeluruh bahkan tidak menutup kemungkinan bisa berujung kematian.

Berikut beberapa komplikasi atau dampak dari penyakit infeksi ginjal :

Abses ginjal
Kondisi ketika cairan nanah muncul di dalam jaringan ginjal. Ini adalah kondisi yang jarang, tapi serius, karena bakteri di dalam abses atau carian nanah bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya, seperti aliran darah atau paru-paru. Abses ginjal cenderung terjadi pada orang yang menderita diabetes. Gejalanya mirip dengan infeksi ginjal, seperti demam, menggigil, sakit perut, sakit saat buang air kecil, dan kehilangan selera makan.

Pielonefritis emfisematosa
Ini adalah infeksi ginjal yang berat dan mengakibatkan jaringan ginjal rusak dengan cepat. Bakteri penyebab infeksi mulai melepaskan gas beracun dan tertimbun di dalam ginjal. Hampir semua kasus ini terjadi pada penderita diabetes.

Sepsis
Kondisi ini terjadi saat bakteri masuk ke aliran darah. Infeksi darah yang satu ini cukup langka dan bisa berakibat fatal karena infeksi bisa menyebar ke seluruh bagian tubuh, termasuk organ-organ vital. gejala yang muncul akibat kondisi ini adalah tekanan darah rendah, kebingungan, demam, kulit pucat, detak jantung cepat, sesak napas, dan menggigil.

Gagal ginjal
Kondisi ketika ginjal tidak bisa berfungsi normal lagi, infeksi ginjal kronis sangat beresiko terjadi gagal ginjal artinya ginjal menjadi tidak berfungsi kembali sehingga penanganannya harus dilakukan dengan dialisis atau transplantasi ginjal ( operasi penggantian ginjal dengan ginjal baru ).

Itulah beberapa komplikasi dari infeksi ginjal, jadi jelas infeksi ginjal sangat berbahaya jika dibiarkan dan sudah menjadi infeksi ginjal kronis, beberapa komplikasi bisa terjadi dan tidak menutup kemungkinan beresiko pada kematian. Maka dari itu sebaiknya segera mengobati penyakti infeksi ginjal dan tidak membiarkannya.

Pengobatan infeksi ginjal ( pielonefritis )

Pengobatan secara medis untuk infeksi ginjal biasanya hanya dilakukan dengan pemberian obat-obatan terutama antibiotik, antibiotik ini adalah obat untuk mematikan bakteri sehingga dengan matinya bakteri secara otomatis ginjal tidak terinfeksi lagi dan lambat laun dengan sendirinya ginjal akan kembali pulih dan berfungsi dengan normal kembali.

Selain dengan pengobatan medis tadi bisa juga melakukan dengan pengobatan tradiional, berikut beberapa tumbuhan dan buah-buahan yang dapat mengobati infeksi saluran kemih dan bisa Anda ramu di rumah bersumber dari sindonews.com, antara lain :

Apel
Apel memiliki sifar anti-inflamasi, serat dan vitamin dan dapat menurunkan kolesterol, mencegah sembelit dan menjaga ginjal tetap sehat. Buah Apel dapat dikonsumsi dalam segala bentuk seperti mentah, digoreng atau di jus.

Paprika Merah
Paprika merah rendah kalium dan kaya vitamin A,C, B6, Asam Folat dan serat. Selain itu kaya akan likopen yang membantu menjaga kanker. Sebaiknya di konsumsi dengan cara dipanggang atau dipotong dalam sajian salad.

Cranberry
Cranberry adalah obat alami untuk infeksi saluran kemih karena buah ini meningkatkan asam urin, sehingga dapat mencegah bakteri. Buah cranberry juga dapat mencegah kanker.

Putih Telur
Putih telur adalah sumber protein yang mudah diasimilasi oleh tubuh dan juga rendah potasium dengan dapat dikonsumsi direbus atau tidak direbus.

Ikan
Mengkonsumsi Ikan tiga kali seminggu dapat menurunkan kolesterol dan dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Selain itu, dapat melawan terjadinya kanker karena kaya akan asam lemak omega 3 dan antioksidan.

Itulah beberapa tanaman herbal alami yang bisa dicoba sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati infeksiginjal secara alami.

0 comments: