Pepaya bernama latin Carica papaya dan termasuk dalam famili Caricaceae . Tanaman pepaya ini berasal dari daerah Meksiko dan dapat di tana...

Manfaat dan Kandungan Pada Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Manfaat dan Kandungan Pada Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Manfaat dan Kandungan Pada Buah Pepaya Untuk Kesehatan

8 10 99
Pepaya bernama latin Carica papaya dan termasuk dalam famili Caricaceae. Tanaman pepaya ini berasal dari daerah Meksiko dan dapat di tanam di pekarangan rumah atau kebun.

Buah pepaya yang sudah matang berwarna orange atau merah muda. Buah pepaya Rasanya manis dan mengandung banyak air.

Meski buah pepaya termasuk buah yang murah dan mudah didapat, namun jangan pernah memandang remeh soal khasiatnya.

Sudah sejak dulu, buah pepaya dipercaya memberikan banyak manfaat bagi manusia. Baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Kandungan Nutrisi Buah Pepaya


Tetapi, sebelumnya anda harus tahu lebih dahulu apa saja nutrisi yang terkandung dalam buah pepaya ini:

  • Vitamin A (1.750 IU)
  • Vitamin B ( 0.03 mg)
  • Riboflavin (0.04 mg)
  • Niacin (0.3 mg)
  • Vitamin C (56 mg)
  • Kalsium (20 mg)Zat Besi (0.3 mg)
  • Fosfor (16 mg)
  • Kalium (470 mg)
  • Lemak (0.1 gr)
  • Karbohidrat (10 gr)
  • Protein (0.6 gr)
  • Kalori (39)

Buah pepaya mempunyai banyak manfaat dan Khasiat karena kandungan nutrisi di dalamnya, buah pepaya menjadi buah yang sangat berguna bagi kesehatan.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa khasiat kesehatan dari buah pepaya untuk tubuh manusia.

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Buah pepaya mengandung enzim papain dan serat yang bisa membantu mengatasi masalah lambung dan masalah pencernaan seperti susah buang air besar dan ampuh untuk mencegah wasir.

Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa kandungan papain dalam buah pepaya bisa membunuh parasit yang mengganggu aktivitas pencernaan dalam usus.

2. Mencegah Flu
Kandungan vitamin C yang ada pada buah pepaya bisa memperbaiki sistem imunitas tubuh dan mencegah serangan penyakit seperti batuk, pilek dan kanker.

3. Menjaga Kesehatan Ginjal
Selain buahnya, biji pepaya juga memiliki kanandungan nutrisi penting untuk kesehatan. Biji pepaya mengandung flavonoid dan phenotic, suatu zat aktif yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal.

4. Mencegah Serangan jantung dan Stroke
Pada buah pepaya terdapat kandungan antioksidan tinggi yang dapat mencegah oksidasi kolesterol dan bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

5. Mempertajam Penglihatan
Jika Anda mempunyai masalah kesehatan mata, sebaiknya rajinlah mengkonsumsi buah pepaya. Buah pepaya mengandung betakaroten yang bisa dikonversi menjadi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata Anda.

6. Mencegah penuaan dini
Kandungan antioksidan pada buah pepaya bermanfaat menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai masalah di kulit, contohnya seperti flek, keriput, dan sebagainya.

7. Kesehatan Kulit
Kandungan vitamin A, C dan E sendiri baik untuk kesehatan kulit. Selain membantu melembabkan, vitamin tersebut juga dapat membantu mengembalikan kulit kusam menjadi cerah dan lebih segar.

8. Vitalitas Pria
Kandungan enzim arginine pada buah pepaya, efektif mendongkrak aliran darah di area mr P. Arginine mendorong asam nitrat tubuh untuk membuat rilek otot-otot di sekitar pembuluh darah, sehingga mr P dapat membesar dan aliran darah di area tersebut lebih lancar.

9. Antiradang
Kandungan papain dan chymopapain yang dapat meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan luka bakar.

Manfaat tersebut yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan berbagai luka di kulit, psoriasis dan berbagai penyakit kulit yang lainnya.

10. Kesehatan Pencernaan
Tidak hanya melancarkan buang air besar, pepaya juga bisa membantu membersihkan usus Anda dari racun-racun yang tak sengaja diserap tubuh.

Kandungan serat dan antioksidannya, yang bisa mengangkat dan membersihkan bagian usus dan membawanya melalui saluran pembuangan.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat dari buan pepaya. semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih atas kunjungan anda.

0 comments: