Gusi yang bengkak memang sangat menyiksa. Banyak orang yang mengeluh tidak nyaman karena gusi bengkak. Saat ini banyak sekali produk yang...

Cara Ampuh Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Cara Ampuh Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Cara Ampuh Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

8 10 99
Gusi yang bengkak memang sangat menyiksa. Banyak orang yang mengeluh tidak nyaman karena gusi bengkak.

Saat ini banyak sekali produk yang dijual di pasaran untuk mengobati gigi bengkak. Anda harus tahu jika tidak semua produk yang ada di pasaran aman untuk Anda gunakan. Lebih baik Anda menggunakan cara mengobati sakit gusi bengkak secara alami.

Cara yang alami memang lebih aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya untuk kesehatan. Sebelum Anda mengetahui cara mengobati sakit gusi bengkak ketahui dulu apa ­ saja penyebab terjadinya gusi bengkak.

Gusi Bengkak

Penyebab Gusi Bengkak

Kebersihan Mulut
Kebersihan mulut menjadi hal utama yang harus Anda perhatikan dalam menjaga kesehatan mulut dan juga mengobati gusi yang bengkak.

Pada saat anda makan maka sisa makanan akan menempel pada sela-­sela gigi dan gusi yang dapat memberikan resiko adanya bakteri yang menjadi salah satu penyebab dari gusi bengkak.

Banyak sekali orang yang menganggap dengan rajin sikat gigi maka akan menjamin kebersihan mulut juga. Tetapi anda harusnya tetap memperhatikan masalah seperti kebersihan lidah dan wilayah sekitar mulut.

Kawat Gigi atau Behel 
Menggunakan behel atau kawat gigi juga merupakan salah satu penyebab utama terjadinya gusi bengkak.

Karena jika memasang behel atau kawat gigi dengan sangat rapat dengan gusi maka akan memberikan tekanan yang membuat gusibengkak dan bahkan dapat menyebabkan iritasi.

Makanan yang Tidak Sehat 
Mengkonsumsi makanan yang kurang sehat juga mempengaruhi kesehatan dan pembengkakan gusi. Oleh karena itu makanan yang mengandung terlalu banyak gula adalah hal yang wajib  anda hindari.

Kekurangan Vitamin
Kekurangan vitamin terutama vitamin C merupakan hal yang dapat mengakibatkan sariawan dan juga gusi bengkak.

Masa Kehamilan 
Masa kehamilan merupakan masa yang sangat berpotensi munculnya sakit gigi dan juga terjadinya pembengkakan gusi.

Masalah tersebut terjadinya karena ibu hamil mengalami kekurangan kandungan gizi tubuh karena harus dibagi dengan janin yang sedang dikandungnya.

Demikian beberapa penjelasan mengenai penyebab terjadinya gusi bengkak. Apabila Anda ingin tahu cara mengobati gusi bengkak yang alami dan ampuh bacalah uraian di berikut ini

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Menggunakan Garam 
Cara mengobati masalah gusi bengkak yang pertama adalah menggunakan garam. Bahan yang satu ini memang menjadi bahan makanan yang umum di gunakan untuk mengobati gusi bengkak.

Anda cukup menggunakan satu sendok teh garam dan mencampurnya ke dalam air hangat. Aduk sampai rata dan setelah itu gunakan untuk berkumur.

Lakukan secara rutin minimal 3 kali dalam sehari dan Anda akan merasakan gusi bengkak sembuh dalam waktu yang cepat.
Menggunakan Minyak Cengkeh 
Cara mengobati sakit gusi bengkak yang kedua adalah menggunakan minyak cengkeh. Minyak cengkeh memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Jika Anda akan menggunakan minyak ini untuk mengobati gusi bengkak dengan cepat maka Anda harus menggunakan minyak cengkeh yang asli.

Caranya cukup mengoleskan minyak tersebut pada gusi yang sakit. Lakukan dengan rutin minimal 2 kali dalam sehari. Dalam waktu yang cepat gusi yang bengkak akan kembali normal.

Menggunakan Jeruk Nipis 
Cara mengobati sakit gusi bengkak yang ketiga adalah memakai jeruk nipis. Anda cukup menggunakan jeruk nipis yang sudah matang dan setelah itu peras jeruk nipis tersebut.

Tambahkan satu gelas air hangat dan aduk hingga merata. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur. Akan lebih baik jika Anda memakai ramuan ini pada malam hari sebelum anda tidur dan juga pada ketika Anda bangun pagi.

Menggunakan Madu
Cara mengobati sakit gusi bengkak yang keempat adalah menmakai madu. Madu merupakan bahan makanan yang memiliki banyak kegunaan.

Dalam madu terdapat zat yang dapat membuat pembengkakan menjadi hilang. Jika Anda akan menggunakan madu untuk mengobati gusi bengkak Anda hanya cukup mengoleskan madu tersebut pada bagian gusi yang sakit.

Oleskan minimal tiga kali dalam sehari dan setelah itu Anda akan merasakan gusi yang bengkak akan sembuh. Tetapi Anda harus menggunakan madu alami.

Menggunakan Bawang Merah
Cara mengobati sakit gusi berikutnya adalah menggunakan bawang merah. Bawang merah juga mempunyai zat yang dapat meredakan pembengkakan.

Caranya Anda cukup melembutkan bawang merah dan oleskan pada gusi yang sakit. Cara yang satu ini sangat efektif.

Tetapi banyak orang yang tidak mau menggunakan cara ini karena tidak tahan dengan rasa dan bau dari bawang merah. Anda juga dapat mencampurkan bawang merah tersebut dengan garam.

Mengunakan Lemon dan Air Hangat
Lemon dan air hangat merupakan cara yang cukup ampuh mengobati gusi bengkak, anda hanya perlu menggunakan lemon, kemudian peras airnya lalu campurkan dangan setengah gelas air hangat.

Kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur, lakukan cara ini dua kali sehari maka gusi anda akan cepat sembuh dari pembengkakan.

Semua cara mengobati gusi bengkak dan bahan yang disebutkan diatas sangat mudah untuk Anda temukan dengan harga yang cukup terjangkau.

Hal yang paling penting adalah semua bahan tersebut sangat aman dan tidak berbahaya ketika digunakan. Semoga informasi cara mengobati sakit gusi bengkak ini bermanfaat untuk kita semua.

0 comments: