Cara dan Tips Merawat dan Menjaga Kesehatan Tulang Menjaga kesehatan tulang merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Semakin bertambah...

Cara dan Tips Merawat dan Menjaga Kesehatan Tulang

Cara dan Tips Merawat dan Menjaga Kesehatan Tulang

Cara dan Tips Merawat dan Menjaga Kesehatan Tulang

8 10 99
Cara dan Tips Merawat dan Menjaga Kesehatan Tulang
Menjaga kesehatan tulang merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Semakin bertambah usia, fungsi tulang sebagai penopang tubuh mulai melemah sehingga banyak ditemukan kasus dimana para manula mengalami penyakit osteoporosis. Osteoporosis merupakan penyakit yang ditandai dengan kerapuhan tulang yang dapat mengakibatkan kelumpuhan. Meski pada umumnya osteoporosis banyak diderita oleh kaum manula, akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit ini dapat menyerang siapa saja yang kurang memperhatikan kesehatan tulang. Menjaga kesehatan tulang dapat membuat tulang kita selalu kuat dan tidak mudah rapuh. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk merawat tulang. Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menjaga dan merawat tulang.

Cara dan Tips Merawat dan Menjaga Kesehatan Tulang

Tips merawat dan menjaga kesehatan tulang yang pertama dan sangat mudah untuk dilakukan dengan banyak konsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin D seperti sayuran hijau, buah-buahan. Sayuran yang banyak mengandung vitamin D terdapat pada brokoli. Lebih baik lagi bila ditambah dengan konsumsi susu setiap hari yang mengandung kalsium agar mencegah terjadinya tulang keropos. Selain sayur dan buah, usahakan untuk mengurangi makanan yang memiliki kandungan protein tinggi seperti daging dan telur. Protein yang tinggi dapat mempercepat hilangnya kalsium yang terkandung dalam tulang. Pola makan yang sehat dapat membantu mencegah pengeroposan tulang.

Tips berikutnya adalah melakukan olahraga secara teratur. Berolahraga setiap hari minimal 15 menit dapat membantu melemaskan otot tulang dan membuat tulang menjadi lebih kuat. Usahakan untuk berolahraga pada pagi hari dimana udara masih segar dan belum terkontaminasi polusi dari kendaraan. Selain itu, berolahraga di bawah sinar matahari pagi dipercaya dapat membantu menghambat pelepasan kalsium dalam tulang. Selain berolahraga, salah satu hal yang lebih ringan untuk dilakukan adalah aktif bergerak atau beraktivitas. Anda dapat melakukan kegiatan ringan seperti berjalan, membersihkan rumah, naik turun tangga dan sebagainya. Otot tulang yang terbiasa digerakkan secara aktif dapat menghindari risiko terjadinya osteoporosis, karena sendi-sendi tulang menjadi lemas dan tidak kaku.

Bagi anda yang suka minum minuman yang bersoda, sebaiknya mulai mengurangi konsumsi minuman bersoda. Berdasarkan penelitian, minuman bersoda sangat berpotensi menurunkan kadar kalsium dalam tulang sehingga tulang mudah keropos. Begitu pula dengan kopi. Terlalu banyak minum kopi dapat menghambat pertumbuhan kalsium dalam tulang. Oleh karena itu, sebaiknya atur waktu senggang untuk minum kopi, dalam arti tidak terlalu sering. Bagi anda yang ingin memperbaiki fungsi tulang dapat melakukannya secara herbal, yaitu rutin mengonsumsi bawang putih. Bawang putih mempunyai kandungan belerang yang dapat membantu menguatkan tulang anda. Demikian beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang.

0 comments: