Daun sirih merupakan jenis tanaman yang terkenal sebagai obat herbal potensial. Tanaman yang satu ini tumbuh sepanjang tahun tahun di negar...

Tips Dan Manfaat Daun Sirih Untuk Menghilangkan Jerawat

Tips Dan Manfaat Daun Sirih Untuk Menghilangkan Jerawat

Tips Dan Manfaat Daun Sirih Untuk Menghilangkan Jerawat

8 10 99
Daun sirih merupakan jenis tanaman yang terkenal sebagai obat herbal potensial. Tanaman yang satu ini tumbuh sepanjang tahun tahun di negara kita indonesia.

Cara membudidayakannya pun cukup mudah dan tidak membutuhkan perawatan yang khusus. Hanya saja tanaman yang satu ini tergangtung kepada air dan cahaya matahari.

Tips Dan Manfaat Daun Sirih Untuk Menghilangkan Jerawat


Kandungan senyawa aktif pada daun sirih memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan dan kecantikan. 

Seperti kandungan antiseptic pada tanaman ini mampu mencegah pendarahan (mimisan), memperkuat gigi, mengatasi bau mulut, bau badan, gatal, ulserasi, keputihan dan masih banyak lagi. 

Tidak hanya itu saja ternyata kandungan senyawa aktif pada daun sirih mampu mengobati penyakit kulit (jerawat). 


Jerawat merupakan salah satu masalah yang terjadi pada kulit yang hampir dialami setiap orang baik wanita ataupun pria.

Jerawat dapat datang kapan saja terlebih bagi anda yang memiliki jenis kulit sensitive dan acuh dalam membersihkan kulit wajah. 

Salah satu cara alami yang dapat dengan mudah anda lakukan tanpa harus merogok kocek yang mahal yaitu dengan bahan alami yaitu daun sirih. 

Daun sirih memiliki kandungan zat kimia aktif eugenol yang bersifat antijamur yang dapat berfungsi sebagai penghambat dalam pertumbuhan kuman dan bakteri penyebab jerawat. 

Selain itu juga, kandungan anti bakteri sangat ampuh dalm mencegah pertumbuhan pembentukan jerawat yang mengakibatkan berkembangnya sel-sel mikroba yabg sangat merugikan dan dapat mengganggu metabolisme pada kulit wajah.

Sedangkan zat anti septic yang terdapat pada daun sirih berperan penting untuk membasmi dengan sangat cepat bekteri atau kuman penyebab jerawat dan flek hitam.


Nah, berikut ini merupakan beberapa tips dan manfaat daun sirih untuk menghilangkan jerawat, diantaranya yaitu :

cara pertama – siapkan daunsirih segar 5 sampai 10 lembar, lalu cuci sampai bersih pada air yang mengalir. Setelah dicuci bersih lalu tumbuh daun tersebut sampai halus. 

Selanjutnya seduh tumbuk daun sirih tersebut dengan air panas sebanyak 400 ml. kemudian diamkan sampai terasa dingin lalu saring dan pisahkan dari ampasnya. 

Terakhir setelah dingin, lalu gunakan air tersebut untuk membasuh muka anda. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur 2 sampai 3 kali dalam sehari. 

Pemakaian yang rutin dan teratur akan membuat kulit anda terlihat lebih bersih dari yang namanya jerawat agar hasilnya dapat maksimal.

Cara kedua - siapkan 10 lembar dan 2 ruas jari jahe, lalu cuci sampai bersih. Setelah itu, rebus kedua bahan alami tersebut dengan menggunakan 4 gelas air bersih dan biarkan sampai mendidih sampai air menyusut menjadi 2 gelas. 

Angkat dan biarkan air tersebut sampai hangat kuku. Kemudian saring dan pisahkan dari ampasnya. Konsmusi air rebusan tersebut secara rutin dan teratur 1 gelas (200 ml) setiap 1 sampai 2 kali sehari dipagi dan sore hari.

Cara alami untuk mengatasi dan mencegah jerawat dengan daun sirih dapat degan mudah anda lakukan di rumah tentunya dengan biaya yang murah juga dan hasil yang efektif. 

Pastikan anda melakukan cara diatas tidak berlebihan karena meskipun bahan alami tetapi segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik.

0 comments: